Cicilan Murah TDP Tinggi, Semua Balik ke Konsumen

Jum'at, 26/08/2016 19:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Fenomena cicilan mobil 800 ribu per bulan yang digelontorkan oleh sales mobil Honda di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 memancing komentar dari berbagai pihak. Salah satunya dari orang APM yang tidak mau disebutkan nama dan merek mobilnya.

"Benar kalau dibilang sedikit menjebak konsumen. Seharusnya disebutkan 800 ribu per bulan cicilan tersebut dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," sebut narasumber saat dihubungi mobilinanews, Jumat (26/8).

Disebutkan bahwa apa yang disebutkan dalam promo tersebut merupakan trik marketing. "Promo seperti ini hadir karena paham karakter konsumen Indonesia yang suka dengan hal-hal berbau promo dan murah. Ini pastinya akan menarik perhatian konsumen. Minimal bikin konsumen mau menggali info lebih jauh," tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan kalau paketan leasing itu beda-beda. Ada yang kasih diskon atau cash back dengan jumlah kecil, tapi hadiahnya banyak. Bisa juga dengan diskon besar tapi tidak ada tambahan hadiah. "Yang pasti promo di leasing beda," tegasnya.

Hanya saja ia mengakui, kalau untuk trik marketing seperti yang disebutkan oleh Honda, tidak pernah mereka lakukan. Sedikit membela, ia mengatakan kalau ini bukan arahan langsung dari PT Honda Prospect Motor (HPM) melainkan dari dealer.

"Saya yakin itu juga bukan promo langsung dari prinsipal.  Bisa jadi ini dari dealer. Maklum, persaingan penjualan mobil itu tidak melulu antar merek, bahkan masing-masing dealer merek mobil yang sama juga saling bersaing," sebut sang narasumber.

"Ini sih kembali ke pintar-pintarnya konsumen dan kemampuan konsumen saja. Kalau mereka memang mampu memenuhi syarat TDP sampai 80 persen, ya tidak masalah," pungkasnya. (Zie)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas