Curhat Alinka Seputar Slalom, Drifting Dan Speed Offroad

Sabtu, 27/08/2016 06:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Siapa tak kenal dengan Alinka Hardianti yang kerap berprestasi di ajang slalom nasional. Seolah tak pernah puas menorehkan prestasi, Alinka turut beraksi diajang ketangkasan drifting dan mulai merambah ke dunia speed offroad.

Baginya ketiga olahraga yang penuh tantangan dan beradrenalin tinggi ini, merupakan sarana pembuktian yang tepat baginya untuk menunjukan bahwa wanita bisa berprestasi di dunianya kaum pria.

Namun Alinka berceloteh dari ketiga bidang olahraga ekstrem tersebut memiliki tantangan tersendiri yang menuntut ektra pemahaman teknis yang cukup baik, sehingga perlu banyak siasat yang harus dilakukan agar dalam setiap aksinya selalu berbuah kemenangan atau setidaknya terhindar dari cidera.

“Jika dilihat dari luar, mungkin slalom terlihat gampang tapi sesungguhnya justru menurutku agak menyulitkan dan melelahkan. Antara otak dengan motorik badan harus sinkron, karena manuver pada setir justru lebih ribet. Pokoknya hanya di slalom aku selalu ngos-ngosan setelah beraksi, lainnya biasa aja,” ujarnya kepada mobilinanews saat serah terima ban Yokohama di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan (26/8).

Lain halnya dengan tantangan di drifting. Menurutnya meskipun terbilang susah, namun ia merasa memiliki keasyikan tersendiri saat nge-drift, pasalnya yang harus dipahami adalah ritme manuver saat harus battle.

“Respon cepat harus disikapi dengan benar untuk mengimbangi drifter lainnya, soalnya kan harus waspada melihat pergerakan rival. Posisi bejekan gaspun harus seirama dengan tarikan tuas hand brake. Telat sepersekian detik saja bisa fatal menabrak lawan atau menyenggol kun yang berdampak pada berkurangnya poin,” ungkap dara cantik yang kesehariannya menggunakan Mercedes-Benz CLA 200.

Nah, pebalap yang tergabung dengan Toyota Tim Indonesia ini terlihat menggebu saat curhat tentang speed offroad, olahraga yang baru tekun digelutinya 2 tahun kebelakang. Baginya speed offroad jauh lebih menantang dan masih memiliki PR (pekerjaan rumah) yang harus dikejar.

Dalam beberapa kali kesempatan Kejurnas Speed Offroad, wanita penyuka makanan Jepang ini mengalami kelontang (terbalik) saat beraksi di medan speed offroad. Awalnya ia menerapkan tehnik drifting di atas medan tanah yang justru membuatnya gagal finish karena terjungkal di tikungan.

“Sempet beberapa kali di pantau pakai kamera dan merasa sudah menerapkan tehnik yang benar, eh tetap kebalik juga. Ternyata tehnik drifting yang saya terapkan di atas tanah justru menjadi penyebabnya. Kalo drifting saat ditikungan setelah gas langsung dilepas agar efek membuang lebih oke, ternyata di speed offroad setelah mengambil posisi menikung, gas harus dibejek lagi,” paparnya penuh semangat.

Baginya meskipun telah merasakan beberapa kali klontang, ia tidak pernah kapok dan ingin terus memberikan pembuktian demi pembuktian. Terlebih lagi saat ini Alinka sedang menjalin hubungan dengan offroader asal Jawa timur. Bisa-bisa pas lagi pacaran yang diomongin seputar tehnik offroad dong, hehehe..!

Tampil cantik sah-sah saja, tapi kalo sudah dibalik kemudi, lain lagi ceritanya. Cek keliahaain Alinka di video berikut ini.

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali