Komparasi Eksterior Datsun GO+ Panca Dan Daihatsu Sigra

Selasa, 06/09/2016 15:13 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Perang mobil LCGC (Low Cost Green Car) berpenumpang 7 orang (7-seater) semakin gencar terjadi dengan kehadiran Daihatsu Sigra setelah sebelumnya Datsun GO+ Panca berhasil mendobrak pakem LCGC berkapasitas 5 orang penumpang dan menjadi trendsetter LCGC 7-seater.

Bicara  desain khususnya eksterior, tentunya Datsun GO+Panca berhasil lebih dahulu memukau jika dibandingkan kompetitornya. Pasalnya Datsun GO+ Panca merupakan desain global yang diterapkan disemua produksinya di negara manapun.

Pada ulasan kali ini, mobilinanews fokus mensoroti tampilan desain eksterior sebagai modal utama para APM (Agen Pemegang Merek) untuk menarik simpati masyarakat dengan tampilan luarnya alias “love at the first sight”.

Melirik desain eksterior Datsun GO+ Panca mulai dari depan, LCGC ini berhasil melekatkan image tampilan desain baru yang belum pernah tampil sebelumnya. Kesan sporty dan modern tercuat mulai dari desain grill yang besar bergaya sarang tawon (honey comb) dan berpadu dengan lampu yang tidak menyudut sehingga sepadan dengan penempatan foglamp serta airdam yang juga besar.

Lain halnya ketika melirik tampilan desain muka pada Sigra. Sekilas mata tanpa ada embel-embel Sigra, hampir tidak bisa dibedakan mana Sigra dan Xenia. Hal ini disebabkan dalam menampilkan produk barunya, Daihatsu fokus pada pengembangan desain dari produk yang telah ada sebelumnya.

Merujuk pada bagian tengah hingga kebelakang GO+ Panca dan Sigra, keduanya memberikan sentuhan lekuk garis yang berfungsi untuk meredam hambatan angin dari depan. Namun kesan sporty terlihat secara gamblang dari garis airflow yang tegas dari GO+ Panca pada samping kiri dan kanan yang tampak menyatu hingga kebelakang dibandingkan Sigra.

Nah sampai kebagian buritan, kesan mengerucut dari depan hingga kebelakang mempertegar kesan GO+ Panca lebih dinamis dan lincah jika melihat buritan Sigra yang besar dan mengkotak. Memang desain stop lamp Sigra lebih terlihat modern dengan aksen lampu yang menempel hingga pintu bagasi, sedangkan GO+ Panca terlihat sedikit konvesional namun tetap inline dengan lampu utama yang juga besar.

Tentunya kedua LCGC 7-Seater ini sama-sama dikembangkan oleh R&D (Research & Development) masing-masing dengan merujuk kebutuhan desain yang mumpuni agar tampil catchy pada pandangan pertama. Bila ditambahkan dengan sudut pandang seorang modifikator, eksterior GO+ Panca memiliki ruang bermain yang lebih bebas untuk melakukan modifikasi dibandingkan Sigra.

“Karena kami telah melakukan modifikasi Datsun jadi sedikit lebih setuju jika eksterior GO+ Panca lebih stylish. Untuk melakukan adaptasi modifikasi eksterior bisa lebih ekspresif dan tidak ada batasan. Sedangkan Sigra yang gen dasarnya terlihat tidak jauh berbeda dengan Xenia, memang konsep modifikasinya sedikit lebih terbatas,” ujar Andre Mulyadi dari Signal Group, yang paham betul seluk beluk industry modifikasi di tanah air.

Ditekankan olehnya rubahan paling mudah dari GO+ Panca dengan mengganti dimensi ban lebih besar. Lingkar vender GO+ Panca dinilai lebih lebar sehinga bisa dijejali pelek dan ban hingga ukuran 19”, meskipun idealnya menaikan spek lingkar ban hanya dianjurkan maksimal 2” saja.

Bagaimana, lebih stylish mana Datsun GO+ Panca dibandingkan Daihatsu Sigra? Keputusan membeli yang merujuk pada beragam aspek diluar desain eksterior tentunya kembali kepada anda.

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan