Juara MotoGP 1982 Franco Uncini Masuk Daftar Legenda MotoGP

Sabtu, 10/09/2016 11:20 WIB

mobilinanews (Misano) - Juara dunia MotoGP 1982, Franco Uncini baru saja mencatatkan dirinya sebagai salah satu legenda MotoGP. Seremoni acara berlangsung di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Italia, Jumat (9/9) dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports yang memimpin langsung upacara seremoni tersebut.

Franco Uncini memulai karir balap motornya di MotoGP kelas 250 tahun 1976 dengan raihan tujuh podium termasuk dua podium sebagai jara seri. Hasil ini membawanya menjadi runner-up jara dunia tahun 1977 sebelum akhirnya pindah ke kelas utama pada 1979.

Uncini kemudian berhasil menjadi juara dunia tahun 1982 dengan lima juara seri. Kecelakaan buruk di GP Belanda tahun 1983 hampir mengakhiri karirnya, namun ia kembali di tahun berikutnya dan berjuang kembali ke grid untuk comeback yang luar biasa.

Sekarang, mantan juara dunia tersebut menjadi FIM Grand Prix Safety Officer dan terus membuat dampak yang luar biasa pada MotoGP. Ia pun kini sejajar dengan legenda MotoGP lainnya seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Nicky Hayden dan Alex Criville.

"Ini adalah sebuah mimpi yang jadi kenyataan, dan saya sangat-sangat senang atas anugerah ini. Rasanya saya pantas berterima kasih kepada IRTA, Dorna FIM dan Anda semua. Ini menjadi momen penting dan bersejarah dalam kehidupan saya," ucap Franco Uncini dilansir dari motogp.com (9/9).

Sementara Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports mengatakan Franco adalah seorang pahlawan di MotoGP, tidak hanya saat dia masih balapan MotoGP 500 dan 250, tapi juga di era baru MotoGP saat ini.

"Franco adalah bagian penting dari sejarah evolusi MotoGP, dan kami bangga memberikannya penghargaan ini. Tentu menjadi sebuah kebanggaan besar bagi kami memiliki legenda seperti Franco. Apalagi secara pribadi, dia adalah teman dekat saya. Ini menjadi hari yang sangat spesial bagi MotoGP," pungkas Ezpeleta. (Zie)

Keyword : motogpmotogp-2016

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia