Ridwan Terpilih Sebagai Ketua Pengcab IOF Bukittinggi

Minggu, 18/09/2016 13:35 WIB

mobilinanews (Bukittinggi) - Sejarah baru  bagi komunitas offroad di Ranah Minang. Musyawarah Cabang (Muscab) berhasil diadakan Pengurus Cabang Indonesia Off-road Federation (Pengcab IOF) Bukittinggi pada Sabtu (17/9) di Dymens Hotel.

Disebut sejarah baru, selain menjadi Muscab pertama digelar di Sumatera Barat, proses pemilihan berlangsung fair dan terbuka. Tak salah jika panitia mengusung tema "Basamo Mangko Manjadi" yang artinya Bersama Maka Menjadi.

Visinya, Pengcab IOF Bukittinggi harus Bersatu, Berprestasi, Inovatif dan Mandiri di masa mendatang. Seiring dengan terus berkembang komunitas offroad di kota Bukittinggi dari waktu ke waktu.

Bandingkan tahun 2000an hanya ada satu klub Jam Gadang Offroad (Jagord) sebagai cikal bakal. Kini ada 6 klub terdaftar anggota Pengcab IOF Bukittinggi. Rincinya, 4 klub R4 dan 2 klub R2. Komunitas 4WD yaitu Jam Gadang Offroad Offroad (Jagord), Bukittinggi Offroad (BOR), JamGadang Jip Club (JJC) dan Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIN) Bukittinggi. Roda dua dari trail adventure yakni Sepeda Jam Gadang (Sejagad) dan Mountain Bike (MTB).

"Sebelum Muscab digelar, masing-masing klub mengajukan kandidat Calon Ketua kepada panitia," jelas Hengki Yendra, Ketua Panitia Muscab dari BOR didampingi Anggia Putra dari SKIn Bukittinggi selaku Sekretaris dan Niky Oyong Dt. Nan Basa sebagai Bendahara.

Acara Muscab dibuat sebaik mungkin. Diawali pemilihan Pimpinan Sidang, Pengesahan Tata Tertib, LPJ Pengcab 2012-2016, hingga Rapat Komisi. Ternyata, tak hanya anggota Pengcab saja yang hadir. Panitia juga mengundang klub lain yang memiliki Koordinator Wilayah di Bukittinggi sebagai Peninjau.

Lalu, setiap klub memiliki tiga hak suara, disaksikan Edi Yurdinal, Ketua Harian Pengda IOF Sumbar dan pengurus. Selain itu dihadiri Walikota Bukittinggi, anggota DPRD, BNPB dan Kapolres Bukittinggi. Proses pemilihan berlangsung dalam suasana akrab.

Hasilnya, 3 klub mengajukan nama Ridwan, sedangkan 3 klub lagi tidak mengusulkan nama calon. Dengan demikian, 6 klub sepakat mengangkat Ridwan dari Bukittinggi Off-Road (BOR) menjadi Ketua Pengcab IOF Bukittinggi Periode 2016-2020.

"Selamat dan sukses atas terbentuknya Ketua dan Pengurus baru Pengcab IOF Bukittinggi. Semoga dapat melayani aspirasi anggota dan memotivasi Pengurus Pengcab lainnya dan Pengda IOF Sumbar, agar bertambah profesional dalam pembinaan berorganisasi. Salam off-road. Go..," seru Moko Karsono, Ketua 1 Bidang Organisasi IOF Pusat sekaligus Founder IOF tahun 2000 lalu.

"Kami berharap yang dilakukan saat ini bisa menjadi acuan bagi IOF untuk mengadakan Muscab maupun Musda di masa mendatang," sebut Chairunnas dari Jagord.

Yaps! Disebut-sebut sebuah event offroad sedang disiapkan untuk digelar pada Desember 2016. Sepertinya Jagord bakal mengusung hajat besar dalam rangka HUT Kota Bukittinggi tersebut. (BangVe)

iof_padang_dalam.jpg" style="width:100%" />

Foto bersama usai pelaksanaan Muscab IOF Bukittinggi

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!