Yamaha Mengkhawatirkan di MotoGP2017; Tak Ada Perubahan Radikal di YZR-M1

Minggu, 02/10/2016 11:25 WIB

mobilinanews – Mestinya, pecinta Yamaha was-was soal peluang pembalap motor berlogo Garputala di MotoGP. Pasalnya, hingga kini, tidak ada kabar inovasi yang dilakukan tim Movistar untuk mempersiapkan tunggangannya di 2017. Apalagi, musim depan Valentino Rossi makin tua, dan pembalap keduanya adalah Maverick Vinales yang baru pindah dari Suzuki, perlu adaptasi.

Rossi sendiri mulai sedikit khawatir dengan potensinya juara. Apalagi, dalam 7 seri terakhir musim ini, tak sekalipun duet Rossi dan Jorge Lorenzo finish pertama. Lima seri dikoleksi Honda, sisanya dibagi rata untuk Suzuki dan Ducati. Yamaha malah rungsing dengan perselisihan Rossi dengan Lorenzo.

“Ya, mengkhawatirkan. Kami harus melakukan sesuatu di empat seri terakhir. Tapi kami juga harus fokus untuk tahun depan. Ini yang bikin susah,” ungkap Rossi usai GP Aragon (25/09).

Toh direktur tim Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli menyebut motornya tidak bermasalah, meski tidak pernah menang sejak Juni. “Kami tidak mengalami kemunduran. Tapi Honda dan yang lainnya yang maju,” elak Meregalli.

Soal tim yang tidak melakukan ujicoba motor baru usah balap seri XIV di Aragon, Meregalli menegaskan tetap ada pengembangan di YZR-M1. Yaitu, di sasis dan lengan ayun. “Kami terus mengembangkan M1, dan langsung dites di balapan. Tapi, hasilnya belum sesuai harapan. Karena saat ini ada kendala di ban," tegas Meregalli.

Mungkin ini karena tim engan harus mensuplai motor baru juga pada Lorenzo. Kan, sebagai pembalap nomor satu tim Yamaha Movistar, Lorenzo pun berhak dapat motor terbaru. Nanti rahasia Yamaha bisa bocor, saat Lorenzo ke Ducati.

Untuk motor baru, Meregalli mengaku Yamaha baru akan mencobanya di akhir musim di Valencia. Dan akan dites oleh Rossi dan Vinales. “Pokoknya akan ada perubahan. Bukan perombakan yang radikal, tapi pasti ada perubahan yang hasilnya signifikan. Kami akan perbaiki tenaga puncak tanpa kehilangan performa di rpm bawah, sambil tetap pertahankan traksi dan kemudahan mengendalikan M1,” tutupnya.

Hmmm…, yang satu pembalap veteran, yang lainnya pembalap masih ijo. Yakin? (Aries Susanto)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik