Adira Insurance Lengkapi Layanan Asuransi Perjalanan Syariah

Minggu, 09/10/2016 02:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Melemahnya kondisi perekonomian Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi jasa perusahaan asuransi umum, khususnya asuransi umum konvensional. Di tengah kondisi tersebut, asuransi umum syariah masih menunjukkan keuangan yang bertumbuh.

Dari data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), premi bruto asuransi syariah per 2015 masih tumbuh 10,87%. Aset dan investasi pun masih tumbuh masing-masing sebesar 13,14% dan 12,53%.

Sifat bisnis bersifat tolong menolong serta konsep bagi hasil yang memungkinkan prinsip adil diterapkan, ditambah lagi mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim, menjadikan pasar asuransi syariah makin diminati dan tumbuh pesat.

Alasan ini menjadikan Adira Insurance melalui unit usaha syariahnya berupaya menjawab kebutuhan masyarakat terhadap produk asuransi syariah yang semakin beragam, terutama kebutuhan perlindungan saat melakukan perjalanan.

Saat ini syariah Adira Insurance gencar mempromosikan produk asuransi perjalanan syariah (Travellin Syariah) khusus jamaah haji dan umrah. Produk ini menggunakan akad "Wakalah bil Ujroh".

Sharia Division Head Adira Insurance, Bimo Kustoro, mengatakan, “Travellin syariah memberikan perlindungan menyeluruh dan tepat guna kepada para jamaah haji dan umrah yang dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Produk anyar ini akan didistribusikan melalui agen atau biro perjalanan layanan haji dan umroh yang menjadi mitra Perusahaan," ujarnya dalam siaran pers.

Adira Insurance optimis bahwa perolehan premi Travellin Syariah mampu mencapai Rp 5 miliar setiap tahun. Hingga saat ini, Adira Insurance Syariah tercatat telah meluncurkan 10 produk di antaranya yaitu Autocillin Ikhlas, Motor Mikro Syariah, dan Home Insurance, dan berbagai produk lainnya.

"Sebagai salah satu strategi, perusahaan memasarkan produk dengan berbagai metode pemasaran antara lain bekerja sama dengan bank, leasing, dan instansi keuangan lainnya, serta direct selling. Tidak hanya itu saja, kami juga melakukan cross selling terhadap Pelanggan existing,” tutup Bimo.

Langkah ini cukup berhasil, terbukti tahun lalu, Adira Insurance Syariah berhasil menyabet penghargaan Infobank Sharia Finance Awards 2015 dari Majalah Infobank dan tahun ini, tepatnya 30 September 2016 lalu, Adira Insurance Syariah kembali memperoleh penghargaan dari Infobank Sharia Finance Award 2016 sebagai juara pertama. (Zie)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo