Jelang GP Jepang : Aprilia Malah Siapkan Senjata Untuk Lawan KTM

Rabu, 12/10/2016 08:30 WIB

mobilinanews (Motegi) – Ditengah kegaduhan perang urat syaraf antara Honda dan Yamaha, serta perang dingin di Ducati dan Suzuki, di level papan bawah, Aprilia justru fokus mempersiapkan senjata untuk melawan KTM. Meski KTM baru akan turun musim 2017 nanti, Aprilia pasti ogah kehilangan muka, jika kalah dari pabrikan asal Austria itu. Makanya, Motegi jadi ajang buat Stevan Bradl dan Alvaro Bautista persiapkan diri.

Musim ini, Aprilia yang sempat absen 3 musim dari kancah kelas para raja di balap motor prototipe memang ada di papan bawah. Dibanding Honda dan Yamaha, mereka jauh. Jangankan melawan joki pabrikan Ducati dan Suzuki, menempel rider tim satelit Honda dan Yamaha pun, tidak bisa. Bradl dan Bautista hanya bersaing dengan pembalap-pembalap satelit dari Ducati.

Sebagai catatan, prestasi terbaik Aprilia musim ini adalah ketika Bradl finish ke-7 di GP Argentina. Hingga kini, Bautista nangkring di rangking ke-14 klasemen sementara dengan 54 poin. Sementara Bradl 2 level di bawahnya, ke-16 dengan 49 angka.

Untuk itu, Sam Lowes, calon joki Aprilia di 2017 sudah langsung komentar soal kuda pacu RS-GP. “Menurutku, kami harus fokus untuk musim depan. Kami harus bisa di depan KTM. Kini, itu masih tugas Stevan (Bradl, red) dan Alvaro (Bautista, red) mempersiapkannya,” bilang Lowes.

Lowes memang tidak bisa woles, selow maksudnya, Bro…, bahasa alay-nya santai. Pasalnya, joki yang kini berlaga untuk tim Gresini di ajang Moto2 itu menolak tawaran bergabung ke KTM. “Aku bukan menolak KTM tanpa alasan. Aprilia baru 3 tahun meninggalkan MotoGP. Dan kami tidak akan memulai dari nol, seperti mereka,” tegas Lowes lagi.

apriliaktm02.jpg" style="border-style:solid; border-width:3px; float:left; height:300px; margin:3px; width:450px" />

Musim 2017 memang bakal lebih sulit. Karena 3 pabrikan Jepang yang sudah mapan di MotoGP akan disaingi 3 manufaktur Eropa, dengan KTM sebagai anak baru. Tapi mereka sangat serius. Buktinya KTM yang kemungkinan akan memasang 3 joki sekaligus. Yaitu, Pol Espargaro, Bradley Smith dan Johann Zarco.

Dan, KTM punya peluang besar langsung menjabani Aprilia. Buktinya, mereka langsung mengilap saat ujicoba di Redbull Ring, Austria, beberapa waktu lalu. Apalagi, pabrikan berciri kelir oranye itu memang sangat peduli pada promosi di dunia balap. Mereka sudah jadi raja di kancah off-road.

“TIdak ada jaminan bahwa KTM akan langsung menang, musim depan. Tapi, aku tidak sembarangan meninggalkan tim satelit terkencang Yamaha. Kami akan berpotensi,” tutup Smith.

Lumayan…, minimal KTM bikin Aprilia punya patokan di MotoGP. (Aries Susanto)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan