Saat Marc Marquez Raih Gelar MotoGP 2016, Jonathan Rea Dekati Mahkota Jawara World Superbike 2016

Senin, 17/10/2016 18:45 WIB

mobilinanews (Jerman) – Persis 16 Oktober kemarin, sebenarnya, dunia balap diwarnai dua event penting. Namun, persaingan di kancah World Superbike (WSB) yang menggelar seri ke-12 di Jerez (Spanyol), tertelan ingar-bingar MotoGP di Motegi (Jepang). Padahal, perjuangan Jonathan Rea menekuk Tom Sykes, tak ubahnya duel Valentino Rossi dan Jorge Lorenz. Rea dan Sykes yang sama-sama pakai kelir ijo, Kawasaki, berebut mahkota jawara WSB.

Sykes boleh diibaratkan sebagai Lorenzo. Joki Inggris kelahiran 19 Agustus 1985 ini sudah duluan mengharumkan Kawak, dengan gelar juara dunia WSB 2013. Sementara, Rea mirip Rossi ketika kembali dari Ducati ke Yamaha. Rea yang baru direkrut dari Honda di akhir musim 2014, langsung jadi Anak Emas di Genk Ijo karena langsung menggiring ZX-10RR kembali juara dunia WSB pada 2015. Kini, Rea kembali bersaing dengan Skyes.

Pada seri ke-12 di Jerez, duel duo Kawaks bernomor 1 dan 66 udah kayak dog-fight antar dua jet tempur. Untung ada sesama joki Inggris lainnya, Chaz Davies yang menengahi keduanya. Penunggang Ducati Panigalle itu tak terkalahkan dengan finish pertama di dua race.

“Awalnya aku tidak yakin, karena dua Kawasaki itu sangat kencang. Tapi, selepas start aku di depan, dan makin jauh, aku makin percaya diri,” jujur Davies yang menggunakan motor bernomor 7.

Kemenangan dua race ini memang agak telat untuk poin klasemen Davies. Tapi, perbaikan di Ducati Panigalle pada keseimbangan motor saat liburan musim panas sudah membawa hasil. “Jerez biasanya menyulitkanku. Tapi, juara di sini dua tahun berturut, pasti Ducati sudah bekerja keras. Mungkin sudah telat mengejar gelar. Tapi, ini modal untuk musim depan,” lanjutnya.

Yang seru, persaingan menuju gelar justru panas antara Rea dan Sykes. Dan, kayaknya, Rea akan menyusul Marc Marquez untuk bikin pesta sebagai jawara WSB 2016. Pasalnya, Rea dan Sykes bertukar posisi di dua race. Race pertama, Rea yang finish di belakang Davies, disusul Sykes. Race berikutnya, posisi ini bertukar. Alhasil poin yang mereka dapatkan di babak ke-12 kemarin, sama. Masing-masing dapat tambahan 36.

Ini membuat pundi Rea menjadi 462. Ia masih unggul 48 poin dari Sykes. “Sangat sulit melawan Chaz yang sepertinya tidak terkalahkan di sini. Tapi, aku beruntung masih bisa mempertahankan jarak dengan Tom,” komentar Rea.

Sykes pun sadar dirinya huarus menahan nafsu untuk meraih titel WSB musim ini. “Tinggal satu seri di Qatar. Dan aku hanya bisa berusaha tampil sebaik-baiknya. John sudah sangat sempurna musim ini,” ujar Sykes.

Untung nggak gontok-gontokan kayak Rossi dan Lorenzo. (Aries Susanto)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo