Jelang GP Malaysia : Lay-Out Sepang Baru Mengejutkan, Lebih Cepat, Tapi Joki Was-was Michelin Loyo

Jum'at, 28/10/2016 13:25 WIB

mobilinanews (Sepang – Malaysia) – Hari pertama menginjakkan kaki di litar Sepang, semua kontestan MotoGP terkejut dengan banyaknya perubahan lay-out sirkuit tuan rumah GP Malaysia yang jadi seri ke-17 tahun ini. Meski beberapa mengakui perubahan ini memungkinkan catatan waktunya lebih cepat, mereka ketar-ketir pada keselamatan jiwa.

Menjelang GP Malaysia, sirkuit Sepang memang nyaris dirombak total. Selain pengaspalan ulang, ada perubahan di sembilan sektor. Yang paling mengejutkan adalah revisi tikungan ke-15 yang merupakan `R` terakhir di lintasan sepanjang 5.543 meter itu. Hasilnya, balapan World Superbike dan Formula 1 lebih kencang 2 sampai 5 detik tiap putarannya!

Masalahnya, karena tikungan ke-15 dianggap terlalu negatif. Jadi, sisi dalam tikungan yang membelojk ke kiri itu nyaris sama tinggi dengan sisi luar. Ini diungkap Aleix Espargaro yang menjajalnya di atas sepeda balap. “Pedalku mentok aspal. Aku baru merasakan tikungan model begini. Perubahan ini sangat tidak masuk akal. Resiko jatuh jadi sangat tinggi,” komentar joki tim Suzuki Ecstar itu.

Senada diungkap sang adik, Pol Espargaro. Malah penggeber YZR-M1 milik tim Tech3 Yamaha itu mengkhawatikan performa ban depan Michein menghadapi tikungan ke-15 itu. “Sangat berbahaya. Karena kami harus mengerem keras di titik itu. Ban depan Michelin selalu bermasalah. Ini akan jadi tikungan paling kritis sepanjang musim ini,” paparnya.

Seperti juga diungkap Cal Crutchlow. Meski ia pernah menjajal lay-out baru Sepang, rider LCR Honda itu tetap merasa keanehan di di tikungan ke-15.  “Titik pengereman masih sama. Tapi, aku yakin motor MotoGP akan lewat jalur yang berbeda. Karena gripnya akan berkurang, semua  akan keluar di titik berbeda dari biasanya,” urainya.

Nggak cuma itu, kekhawatiran juga muncul kalau Sepang disiram hujan. Aspal yang rata menyebabkan air akan lebih lama menggenangi. “Pokoknya, data tahun lalu nggak akan terpakai. Trek ini benar-benar berbeda,” tegas Pol Espargaro.

Seru, dong! (Aries Susanto)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman