Valentino Rossi Tunjukkan Tiga Arah Pengembangan YZR-M1 Untuk 2017 Pada Yamaha Movistar

Sabtu, 29/10/2016 10:31 WIB

mobilinanews (Sepang - Malaysia) – Valentino Rossi anggap musim 2016 ini sebagai tahun kegagalan Yamaha. Ia merasa perkembangan YZR-M1 terbilang lambat dibanding RC213V milik Repsol Honda. Untuk itu, The Doctor kasih resep baru pada Yamaha Movistar untuk obati motor 4 silinder segaris itu agar lebih baik pada 2017.

Sebenarnya, Yamaha memulai musim 2016 dengan baik. Karena, Vale merebut 2 dan Jorge Lorenzo memenangi 3 seri dari 7 seri pembuka. Tapi, sejak itu, hingga GP Australia, duet Yamaha Movistar puasa kemenangan.

Di Sepang, menjelang seri XVII MotoGP, joki kelahiran Urbino, Itali  itu buka suara. “Kami mengalami masalah di pertengahan musim. Dan aku lihat Honda bisa mengantisipasi permasalahan mereka. Dan itu sangat menyedihkan,” ungkap Rossi.

Kini, dengan kepergian Lorenso ke Ducati, sudah pasti Rossi lah yang jadi andalan arah riset M1. Karena, Maverick Vinales yang baru pindah dari Suzuki pasti belum kenal M1.  “Menurutku, kami harus memperbaiki mesin. Agar lebih kencang di trek lurus,” buka 7 kali juara dunia kelas para raja balap motor prototipe itu.

Lebih spesifik, Vale menunjuk perbaikan yang paling penting untuk segera dilakukan oleh insinyur Garputala untuk 2017. “Target besarnya sangat jelas. Kami harus bisa mengatasi masalah dengan ban. Terutama untuk ban belakang,” tunjuk Italiano yang sudah menginjak 37 tahun itu.

Yamaha juga harus bisa membuat M1 cepat beradaptasi pada perubahan cuaca di sirkuit. Ini artinya, sasis M1 harus cepat bisa disetel jika trek kering jadi basah atau basah jadi kering. “Kami selalu kalah jika kondisi trek hujan dan kering atau sebaliknya dalam satu sesi. Itu permasalahan yang juga harus diselesaikan Yamaha,” simpul Rossi.

Kira-kira Yamaha menemukan obat yang manjur, nggak ya? (Aries Susanto)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!