Jelang Seri V IRS 2016 : Kejurnas Sport 250cc Pakai Single Tire Dunlop, Samai Spek ARRC!

Rabu, 02/11/2016 17:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Perubahan besar akan diterapkan pada seri V kejuaraan nasional  (Kejurnas) balap motor IndoSpeed Race Series (IRS) 2016. Pada balapan yang akan digelar di sirkuit Sentul, sabtu-minggu (5-6/10) nanti, seluruh peserta kejurnas kelas sport 250cc wajib menggunakan ban Dunlop tipe alfa 13. Ini karet hitam bundar yang sama dengan yang dipakai di kejuaraan FIM Asia Road Racing Championship (ARRC).

Penggagasnya siapa lagi, kalau bukan Bambang Gunardi, si pendiri IndoSpeed Indonesia, promotor IRS. Visi Bapak ini memang selalu mendunia. “Dengan pakai ban Dunlop, yang sama dengan spek di balapan Asia, IRS membiasakan pembalap pesertanya menggunakan komponen yang sama dengan balapan Asia,” buka mantan petinggi badan motor dunia FIM itu.

Pemakaian komponen yang sama membuat kontestan kejurnas sport 250cc bisa mengukur diri. Kan, bisa ambil patokan dari kejuaraan Asia itu. Selama ini, peserta kejurnas sport 250cc pakai karet bundar bikinan Pirelli. Yang katanya lebih bagus dari Dunlop.

Ternyata tidak sepenuhnya benar. “Buktinya, spek mesin sport 250cc di kejurnas, kan lebih tinggi. Tapi, best-lap-nya dengan Pirelli malah kalah dari ARRC yang pakai Dunlop. Kalau Dunlop dianggap nggak bagus, pasti best-lap kejurnas lebih bagus, dong!” seru Bapak yang namanya kerap disingkat BG itu.

Oh ya, meski aturan ini baru diterapkan pada seri pamungkas IRS 2016, peraturan single tire Dunlop tetap dijalankan untuk IRS 2017. Selain demi menyamai spek ARRC, juga akan membuat balapan lebih murah. Pasalnya, panitia IRS menyiapkan ban Dunlop alfa 13 dengan harga yang murah.

irs25001dunlop.jpg" style="border-style:solid; border-width:3px; float:right; height:424px; margin:3px; width:400px" />

“Kita sudah dapat persetujuan dari Dunlop untuk menjual sepasang hanya 2,5 juta. Ini jauh lebih murah dari ban yang biasa dipakai peserta kejurnas sport 250cc,” timpal Stevi Gunardi, ketua pelaksana IRS yang juga anak BG.

Keuntungannya lagi, Dunlop alfa 13 adalah ban balap dual purpose. Jadi aman digunakan di lintasan basah, dan tetap kencang ketika digeber di trek kering. Jadi, pembalap da timnya tidak perlu mempersiapkan dua tipe ban untuk ikut IRS. Enak, tho?!

Ayo, ukur diri kalian! Buktikan bisa setara, atau bahkan lebih kencang dari joki-joki ARRC! (Aries Susanto)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik