Pilih Yaris TRD Sportivo dan Yaris Heykers? Sesuaikan Dengan Gaya Anda!

Kamis, 03/11/2016 18:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan sekaligus dua model Yaris paling anyar di pasar otomotif Indonesia, New Yaris TRD Sportivo dan New Yaris Heykers. Keduanya diposisikan untuk menjaga kepemimpinannya di segmen medium hatchback.

Dua model Yaris berbeda, apakah ini tidak akan membuat bingung konsumen? Apa bedanya New Yaris TRD Sportivo dan New Yaris Heykers?

Gampang. Bisa dilihat dari sisi aksesorisnya. Meski dua-duanya merupakan varian dengan aplikasi aksesoris yang signifikan, namun ada beberapa bagian yang membedakannya. New Yaris memiliki bumper spoiler, roof spouler, side stripe dan alloy wheel. Sedangkan Heykers punya overfender, roofrail, side skirt, rear spoiler dan rear bumper. Selain tentunya sticker samping yang mencirikan keduanya, TRD dan Heykers.

Beda lainnya tentu dari sektor ground clearance. Dengan mengusung konsep urban adventure, tentu Heykers dibuat nampak lebih tinggi. Yup, Heykers punya ground clearance lebih tinggi 35mm daripada New Yaris. Peningkatan ground clearance Heykers didapat dari ban yang lebih besar (195/55 R16) serta suspensi TRD (+20 mm).

"Kami bekerjasama dengan TRD Indonesia mengembangkan suspensi khusus. Kami juga memilih karakter ban yang sesuai dengan mobil," jelas Sutrimono, Deputy Division Head Product Planning & Development saat disinggung soal perbedaan keduanya di Jakarta, Rabu (3/11).

Development Heykers sudah lulus uji di TMC Jepang dan sudah memenuhi sejumlah standar. Jadi meskipun lebih tinggi, stabilitas berkendara Heykers diklaim tidak terganggu atau terpengaruh. Toyota mampu memformulasikan agar stabilitas Heykers sama dengan Yaris standar.

Selama di Jepang, Heykers melalui dua model tes dan pengujian penting. Tes suspensi dan tes performa. "Tes suspensi mensimulasikan Heykers pada kondisi emergency escape. Heykers dituntut untuk bermanuver sehingga kami mendapat level yang cukup soal stabilitas. Dan saat tes performa kami berhasil mendapatkan level riding comfort," pungkas Sutrimo.

Artinya secara bentuk kedua Yaris ini memang terlihat berbeda, namun untuk soal stabilitas dan pengalaman berkendaranya tetap sama. Tinggal sesuaikan saja dengan gaya Anda. (Zie)

TERKINI
Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru