Suzuki GSX-S 150 dan GSX-R 150 Dihargai 27-29 Juta! Fiturnya Tak Ada di Honda CBR150 dan Yamaha R15

Jum'at, 04/11/2016 14:29 WIB

mobilinanews (Jakarta) - GSX-S 150 dan GSX-R 150 berpeluang besar gaet pecinta motor bergenre sport. Sebab, motor baru PT. Suzuki Indonesia Sales (SIS) itu punya senjata buat menusuk rivalnya. Dengan fitur yang tak dipunyai pesaing sekelasnya, Honda CBR150 dan Yamaha R15, GSX-S 150 dan GSX-R 150 lebih murah.

Sejak diluncurkan di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, Senin (02/11) lalu, GSX-S 150 dan GSX-R 150 langsung mencuri minat pengunjung. Apalagi, cuma booth Suzuki memajang replika MotoGP, GSX-RR Suzuki Ecstar, geberan Maverick Vinales.

Seperti kata, Seiji Itayama, Managing Director-2 Wheels PT. SIS, GSX-S 150 dan GSX-R 150 memang sefilosofi superbike Suzuki, dan GSX-RR di MotoGP. Utamanya, kesimbangan performa secara keseluruhan (overall balance performance), ketahanan (endurance-proven), dan potensi jadi motor balap (racetrack potential).

“GSX-R tipe balap, alias Racing. Sedang GSX-S buat street sport dengan performa tinggi. Perbedaan ini memberi pilihan pengendara sesuai gayanya,” ujar Seiji Itayama.

Informasi utuh soal GSX-S 150 dan GSX-R 150 sih, belum resmi dirilis. Meski sudah boleh dipesan, unitnya baru diserah-terimakan awal 2017. Tapi, sepintas mobilinanews melihat beberapa fitur menarik di motor 150cc berlogo S, yang tak ada di pesaingnya, Honda CBR150 dan Yamaha R15.

Pertama, bodi GSX-R 150 atau GSX-S 150 terlihat lebih ramping dibanding CBR150 atau CB150, dan R15 atau V-Ixion. “Ih, baru sadar, lekuknya seksi, ya!. Desainnya mengalir. Dari tangki ke sadel pengendara hingga sadel pemboncengnya kayak bodi cewek, ya. Ramping tapi lekuknya jelas,” urai Neira Andira, usher booth Suzuki IMOS yang tidak kalah cantik dan seksi. Lihat deh, aksi Neira berpose bersama si GSX-R 150. Kapan-kapan pose untuk mobilinanews di Neng Cimot, ya?!

“Mungkin juga karena GSX-R 150 dan GSX-S 150 masih bersaudaraan dengan Satria FU150. Begitu bertransformasi jadi motorsport, bodinya tetap ramping,” bilang Imanuel Nanang, dari divisi marketing roda dua, Sales Area Jabodetabek PT. SIS.

“Saya sudah coba. Meski GSX-R 150 pakai fairing, tapi selincah naik motor bebek.,” imbuh Ujang, pegawai produksi PT. SIS yang turut jaga booth Suzuki di IMOS.

Hmmm..., mungkin ini juga yang bikin GSX-R 150 unggul saat diuji tidak resmi lawan Honda CBR150 dan Yamaha R15 di sini : honda-cbr150-1-bodi/">Suzuki GSX-R 150 Sudah Diadu : Libas Yamaha R15 di Gigi 4 Dan tinggalin Honda CBR150 1 bodi!

mobilinanews setuju. Kesan ramping sudah muncul di lampu utama alias head-lamp. Kecil sehingga fairing pun bisa tirus. Tangkinya, sadel boncenger, dan buritan seperti dada, pinggul dan bokong model catwalk. Hmmm… Jangan dibayangin terusssss!

Mari lihat fiturnya. Panel instrument digital setara CBR150 dan R15. Tapi, dimensinya lebih imut. Turun ke dada si model, eh tangki, mata memelototi kenop di bagian depannya. Mirip tombol aktifator AC di mobil, atau seperti tombol kompor gas, ya?

Ha ha ha, rupanya itu kunci kontak dan kunci setang GSX-S 150 dan GSX-R 150. “Aktifkan dulu remotenya. Baru bisa mengunci setang atau menstart motornya di tombol dekat grip gas,” terang Ujang.

Nah, ini terobosan baru! Meski simple, tapi unik. Sebab, CBR150 dan R15 nggak punya ini,. Kesannya elit. Nggak pakai colok-colok kunci kontak.

Ke belakang, lampu buntut alias tail-lap juga imut. Tapi, pas dengan buritan GSX-S 150 dan GSX-R 150. Tapi, yang paling menarik perhatian, silencernya. Ada dua lubang buat pelepas gas buang di sana. Ukurannya berbeda.

“Ini akan bikin suara GSX-R dan GSX-S mirip motor 2 silinder. Ada suara kedua yang mengisi suara pertama. Karakter suara dari lubang kecil dan besar beda,” tunjuk Ujang.

Kalau dipikir, 2 lubang ini mirip teknologi double silencer  di All New Honda CBR250RR. Tapi, lebih murah! Layak jadi pilihan motorsport cc kecil, deh! (Aries Susanto)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik