mobilinanews

F1 2017: Sukses di WRC, VW Kepincut Main di F1?

Minggu, 02/04/2017 12:38 WIB
F1 2017: Sukses di WRC, VW Kepincut Main di F1?
Stefano Domenicali, indikasi VW mau terjun ke balap F1?

mobilinanews (Perancis) – Pabrikan Volkswagen (VW) undur diri dari kejuaraan dunia reli mobil (WRC) setelah dominan dengan 4 gelar dunia berturut pada 2013, 2014, 2015 dan 2016. Isunya, pabrikan Jerman itu ingin jajal balap F1.

Rumor itu makin menjadi setelah VW menunjuk bos Lamborghini Stefano Domenicali mewakili mereka dalam pertemuan petinggi pabrikan F1 di Paris, Prancis, Jumat 31/3).

Mantan bosFerrari itu gabung dengan petinggi Ferrari, Mercedes,Williams, dan Honda dengan topik utama membahas regulasi teknis F1 mulai 2021.

Isu bakal main ke F1 itu memang dibantah Wolfgang Durheimer, Direktur Motorsport Volkswagen, pada awal tahun lalu. Ia bilang belum bisa diprediksi akan kemana investasi sport VW berikutnya.

“F1 bukan agenda saat ini. Kami harus cermati bagaimana stabilitas regulasi dalam lima tahun ke depan. Anda tak bisa eksis dengan peraturan yang berubah-ubah, mulai dari kapasitas silinder mesin dan sebagainya yang bertolak belakang dengan pengembangan teknologi mobil komersial,” katanya saat itu.

Menilik ke belakang, VW masuk kancah WRC pada 2013 tak lain karena kesesuaian spek mesin VV Polo mereka dengan regulasi WRC yang diperbaharui pada 2011. Mereka langsung membangun mobil kompetisi pada 2012 dan tahun berikutnya sukses menyabet gelar.

Mengacu pada hal itu, bukan mustahil VW akan menceburkan diri di F1 jika regulasi teknisnya selaras. Belum ada hasil meeting di Paris tersebut, begitupun rencana FIA mengubah regulasi berikutnya. Namun, tanda-tanda minat VW ke F1 tampaknya semakin jelas. (andro)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo