mobilinanews

F1 2017: Red Bull Usung Honda dan Porsche?

Jum'at, 15/09/2017 12:52 WIB
F1 2017: Red Bull Usung Honda dan Porsche?
Red Bull Racing Team, benarkah rela tinggalkan Renault?

mobilinanews (Inggris) - Bukan hanya pebalapnya, juragan Red Bull Racing Dietrich Mateschitz pun tak puas dengan kinerja timnya saat ini. Konglomerat Austria itu ingin perubahan signifikan agar para pebalap binaannya sampai di level perebutan gelar.

Belum dikonfirmasi resmi tapi besar kemungkinan tim ini akan hentikan kolaborasi dengan Renault setelah durasi kontrak sejak 2007 berakhir pada 2018, meskipun pabrikan Prancis itu sukses menyokong tim meraih 4 gelar juara dunia dan konstruktor pada 2010 sampai 2013.

Lantas, siapa pemasok mesin berikutnya?

Honda jadi bidikan dan itu sangat bergantung pada kinerja pabrikan Jepang itu yang sepertinya akan memasok tim junior Red Bull, Toro Rosso, musim depan.

Skenarionya, Red Bull akan pakai Honda hanya dua musim, 2019 dan 2020. Setelah itu tim ini akan bergandengan dengan Porsche, pabrikan Jerman yang akan tinggalkan ajang LeMans dan masuk kancah F1 seiring dengan perubahan regulasi mesin F1. Porsche sendiri maupun VW sudah terlibat dari tahun ini pada sejumlah pertemuan membahas regulasi 2021. 

Masih jauh waktunya dan semua belum punya kepastian. Tapi, sungguh, manuver semacam itulah yang membuat F1 selalu menarik dibahas.

Bukan hanya aspek sport dan teknologinya yang menarik tapi juga "permainan" bisnis tingkat tinggi yang mengitarinya.

Contohnya Honda yang musim depan dikabarkan pisah dari McLaren, tapi toh mesin mereka tetap laku dan salah satunya tak lain karena hitung-hitungan bisnis dengan keberadaan brand Honda di F1 sebagaimana telah dihitung cermat oleh Liberty Media selaku penyelenggara seri F1. (andro)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo