mobilinanews

Gaikindo: Garansi Mobil untuk Pemakaian BBM Sesuai Aturan

Senin, 03/12/2018 10:58 WIB
Gaikindo: Garansi Mobil untuk Pemakaian BBM Sesuai Aturan
Yohannes Nangoi (kanan), garansi mobil baru tidak berlaku jika pemakaian BBM tidak sesuai aturan. (foto: anto)

mobilinanews (Jakarta) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengeluarkan peringatan bagi pemilik kendaraan mobil agar mematuhi anjuran penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraannya. 

Dikutip dari laman resminya Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengingatkan jika terjadi kerusakan karena BBM tak sesuai anjuran, maka garansi tidak berlaku lagi.

“Setahu kami aturannya memang seharusnya demikian, kalau ada kerusakan yang disebabkan penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar, maka di luar garansi,” jelas Yohannes (27/11).

Mobil keluaran terbaru memang wajib mempergunakan BBM berkualitas dan memiliki spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92. 

“Kami mensyaratkan agar mobil memakai BBM berkualitas, ini tertera pada buku manual ketika konsumen membeli mobil baru,” tambahnya.

Menurutnya mobil terbaru wajib menggunakan BBM berkualitas karena teknologi mesinnya didesain untuk pemakaian BBM terkini yang berstandar internasional.

Yohanes menyebut desain mesin dibuat dengan selalu mengacu pada peraturan pemerintah yaitu terkait standar emisi. 

Contohnya, setiap mobil berbahan bensin harus sesuai dengan standar emisi Euro-4.

Regulasi ini telah berlaku sejak Oktober 2018, dan semua mobil yang diproduksi pabrik ataupun distributor mobil anggota Gaikindo sudah harus menyesuaikan aturan ini.  

“Apabila diisi dengan BBM sesuai standar Euro-4, maka emisi yang dibuang juga akan sesuai standar Euro-4,” jelasnya.

Harapannya dengan menggunakan BBM berkualitas sesuai standar pabrikan akan mempengaruhi kinerja mobil yang maksimal dan efisien.  

Gas buang yang dihasilkan pun masih di bawah ambang batas dan tidak membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan manusia. (anto) 
 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo