mobilinanews

Ini Fungsi Fifth Wheel dan King Pin di UD Trucks Quester

Jum'at, 05/04/2019 15:33 WIB
Ini Fungsi Fifth Wheel dan King Pin di UD Trucks Quester
Fifth Wheel dan King Pin seperti pasangan, keduanya tidak dapat dipisahkan. (foto: UD Trucks)

mobilinanews (Jakarta) - Sebagai angkutan beban multiguna, UD Trucks Quester punya dua komponen vital, yakni Fifth Wheel dan King Pin.

Dilansir dari laman resmi UD Trucks, Fifth Wheel dan King Pin seperti pasangan, keduanya tidak dapat dipisahkan.

Karena fungsinya untuk menghubungkan Tractor Head dan Semitrailer dengan aman, maka diperlukan untuk mengunci King Pin Semitrailer ke Fifth Wheel Tractor Head.

King Pin adalah salah satu bagian kunci dari sebuah chassis Semitrailer. Berbentuk seperti cakram atau lingkaran dan berfungsi untuk mengaitkan Chassis Semitrailer dengan Tractor Head.

Fifth Wheel adalah benda yang ada belakang Tractor Head. Bentuk dari Fifth Wheel ini seperti lingkaran tapi memiliki celah untuk tempat masuknya King Pin. 

UD Trucks Quester menggunakan dua jenis King Pin. Ukuran 2 inch untuk Quester GKE 280, GDE 280, GWE 280, GWE 330 dan ukuran 3,5 inch untuk Quester GWE 370.

Fungsi lain dari Fifth Wheel dan King Pin diantaranya sebagai sistem pengncian antara Semitrailer dengan Truk tipe Tractor Head.

Kemudian berfungsi juga enahan beban Semitrailer secara vertikal di atas pelat Fifth Wheel dan sebagai alat bantu untuk titik tumpu ketika berbelok.

Terakhir sebagai alat bantu adaptasi perbedaan kontur jalan ketika beroperasi. Jika keduanya berfungsi optimal, kinerja kendaraan juga akan maksimal. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo