mobilinanews

Ini Dia Karen Setyo, Restorator Mercy di Jakarta

Jum'at, 13/12/2019 20:03 WIB
Ini Dia Karen Setyo, Restorator Mercy di Jakarta
Sosok Karen Setyo, sang restorator Mercedes Benz kuno

mobilinanews (Jakarta) - Bagi pemilik kendaraan Mercedes-Benz lawas yang punya rencana restorasi Mercy, bisa mencari Karen Setyo. Lokasi bengkel Rent Autoworks Mercedes-Benz Restored berada di Jalan Raya Pondok Gede No.7, sekitar 100 meter dari Asrama Haji.

Meski bengkel tak begitu luas, tapi menjadi rujukan bagi penggemar Mercedes-Benz, mobil produksi Jerman, terutama model klasik. "Kita utamakan yang tahun tua yaa," buka Karen, pria berusia 43 tahun.

Ada banyak pekerjaan bisa dikerjakan Karen. Mulai dari engine overhoule, automatic transmission, sanblasting, powder coating, galvanis, body repair & paint, wiring sampai interior. Padahal, keahlian diperoleh secara otodidak.

Semua berawal pada tahun 1999. "Tahun 97 saya menikah, setahun kemudian punya anak. Saya dilarang main motor lagi oleh orangtua karena sudah punya anak. Beli mobil aja yang lebih aman. Nah, dapat tuh beli Mercy Batman keluaran 1962," kenang Karen.

"Beli dalam keadaan mati, ditarik ke rumah. Lalu didatangkan seorang montir untuk menghidupkan mesinnya. Tapi saya malah diketawain. Apa yang mau dihidupkan, mesinnya cuma ada setengah? Begitulah, saat itu saya benar-benar belum tahu soal mobil. Dari situlah mulai belajar," beber Karen.

Dua tahun kemudian, mobil berkode W110 itu bisa hidup. "Pertama kali ikut acara, rally mobil kuno yang diadakan PPMKI. Mobil saya ditempel Roy Suryo dan penggemar Mercy lainnya. Mereka heran, kenapa mobilnya enak. Dimana bengkelnya? Dari situlah, orang mulai percaya betulin Mercy ke saya," sebut lelaki ramah ini.

Nah, kini namanya terdengar sampai ke daerah. "Awal pekan lalu mobil mogok di tol Serang. Info dari rekan komunitas, dirujuk ke Rent Autoworks. Dalam waktu singkat, towing datang," senang Joni Rusjan dari Mercedes-Benz Club Padang.

Yaps! Restorasi mobil kuno dan klasik tentunya harus ditangani spesialis. Hasilnya adalah kepuasan bathin ketika impian mewujudkan kendaraan antik menjadi seperti baru kembali. (bangve) 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo