mobilinanews

Tips Memilih Kendaraan Hatchback, Perhatikan 3 Hal Ini

Senin, 16/12/2019 17:30 WIB
Tips Memilih Kendaraan Hatchback, Perhatikan 3 Hal Ini
Suzuki Baleno Hatchback membuat persaingan segmen hatchback di Indonesia semakin ketat (foto: suzuki)

mobilinanews (Jakarta) - Segmen kendaraan hatchback merupakan salah satu segmen kendaraan dengan market share cukup besar. Meski secara angka masih dibawah MPV, LCGC, dan SUV, namun jenis kendaraan hatchback biasanya populer di kalangan masyarakat perkotaan atau kaum urban.

Dimensi kendaraan hatchback yang tidak besar namun juga tidak terlalu kecil memang dinilai sangat ideal untuk penggunaan di dalam kota, khususnya menunjang rutinitas keseharian.

Kendaraan hatchback sendiri punya target market yang bervariasi. Mulai dari first buyer, hingga mereka yang ingin upgrade dari LCGC seperti Agya, Ayla, Brio, dan lain-lain.

Di Indonesia saat ini, pemain utama kendaraan hatchback masih didominasi oleh Honda Jazz serta Toyota Yaris. Akan tetapi, kehadiran Suzuki Baleno Hatchback sebagai penantang cukup menarik karena menawarkan solusi dan alternatif baru kepada konsumen yang menginginkan kendaraan hatchback ideal.

Dalam memilih kendaraan hatchback, ada beberapa hal yang agaknya menjadi pertimbangan konsumen. Yang pertama tentunya desain, fitur, serta performa yang jelas menjadi standar mobil hatchback.

Dalam hal ini wujud Suzuki Baleno Hatchback sudah cukup mewakili selera market city car yang didominasi kalangan anak muda atau mereka yang berjiwa muda. Desain sporty nan menawan, garis-garis body yang elegan lengkap dengan grill chrome sehingga tampang asli Baleno Hatchback begitu gagah.

Di sisi interior, Baleno Hatchback juga sangat mewah, dibekali dengan AC model climate control digital, serta layar multimedia. Tidak hanya itu, kabin dan bagasi dari Suzuki Baleno Hatchback juga terbilang lega.  

Suzuki Baleno Hatchback menggunakan mesin bertipe K14B bersilinder 1.373 cc 4 in-line yang menghasilkan tenaga sebesar 92.4 Ps pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 130 Nm pada 4.200 rpm.

Faktor kedua yang biasanya menjadi pertimbangan adalah soal harga. Menariknya, Suzuki Baleno Hatchback yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dijual dengan harga yang cukup kompetitif yakni dibawah Rp 250 juta.

Baleno Hatchback MT dijual Rp 218.000.000 sedangkan Baleno Hatchback AT dibanderol Rp 230.500.000. Harga tersebut membuat Baleno Hatchback menjadi kendaraan segmen hatchback termurah di Indonesia, dibawah pesaingnya seperti Jazz dan Yaris. Faktor harga ini juga diklaim sebagai kunci keberhasilan Baleno Hatchback mencatatkan penjualan positif dalam dua tahun terakhir.

Selain harga, faktor lain yang tidak kalah penting adalah biaya perawatan. Nah, khusus untuk biaya perawatan, Baleno Hatchback lagi-lagi mengungguli kompetitor karena menawarkan biaya perawatan yang meringankan beban konsumen. 

Baca juga: Nggak Bikin Kantong Bolong, Segini Biaya Perawatan Suzuki Baleno Hatchback

Untuk perawatan Baleno Hatchback, pihak Suzuki menggratiskan biaya jasa service. Berdasarkan rincian estimasi perawatan dari situs resmi Suzuki, hingga pemakaian 50.000 km atau 30 bulan, biaya jasa service free alias gratis. Artinya konsumen hanya perlu mengeluarkan biaya untuk oli mesin dan spareparts saja. Bicara perawatan berkala, untuk Baleno Hatchback AT misalnya, rata-rata budget yang dikeluarkan konsumen hanya berkisar dari Rp 289.000 hingga Rp 740.000.

Ya, tiga faktor diatas, yakni desain dan fitur, harga, serta biaya perawatan menjadikan Suzuki Baleno Hatchback saat ini menjadi solusi dan alternatif ideal bagi konsumen first buyer ataupun mereka yang ingin upgrade ke kendaraan hatchback. (adr)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo