mobilinanews

Kaleidoskop ISSOM 2019: Balapan Seri 3 Distop Akibat Listrik Padam di Siang Bolong

Senin, 30/12/2019 20:01 WIB
Kaleidoskop ISSOM 2019: Balapan Seri 3 Distop Akibat Listrik Padam di Siang Bolong
Listrik padam di ISSOM 2019 putaran ke-3, semua sisa balapan tidak dilanjutkan

mobilinanews (Bogor) - Kejuaraan balap touring Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2019 putaran ke-3 yang berlangsung Minggu (4/8/2019) di Sirkuit Sentul, Bogor berakhir antiklimaks karena listrik padam.

Saat itu terjadi gangguan pasokan listrik PLN di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sekitarnya menjadi penyebab listrik mati di venue Sirkuit Sentul. Imbas dari kejadian ini pimpinan lomba memutuskan untuk menghentikan semua balapan yang tersisa.

Pasalnya akibat listrik padam, banyak fasilitas yang tidak berfungsi seperti fasilitas medis dan alat pencatat waktu di tower juga tidak berfungsi.

Pemberhentian race diumumkan lewat edaran buletin yang berisikan beberapa poin:

“Sehubungan dengan kondisi force majeur (pemadaman Aliran Listrik dari PLN), untuk alasan safety, maka kami mengambil keputusan:

1. Race programe hari Minggu, 4 Agustus 2019 tetap berlaku sesuai jadwal.
2. Apabila sampai dengan jadwal R7 (ITCR Max Kejurnas), listrik belum hidup maka kelas R7 dibatalkan (Hasil QTT dan race mengikuti peraturan yang berlaku. Dan berlaku untuk race selanjutnya.
3. Apabila aliran listrik sampai pukul 15.00 belum hidup maka akan disampaikan buletin selanjutnya,” demikian isi buletin dari pihak Sentul.

Hingga pukul 15.00, listrik masih padam, sehingga sah enam kelas balapan tersisa ditiadakan dan hasilnya mengambil dari posisi QTT (kualifikasi).

Keputusan ini disayangkan oleh hampir semua pembalap dan tim, karena dirasa sangat merugikan mereka semua. Tidak sedikit yang berkomentar seharusnya sirkuit setara Sentul memiliki sumber listrik cadangan sehingga balapan tetap bisa dilanjutkan.

Sebelum balap dihentikan, lima kelas sudah menyelesaikan balapan seperti Mercedes OMR, JSTC, ETCC 2000, HJSC/HBSC, sedangkan STCR 1 distop saat memasuki lap 8. Adapun kelas-kelas yang tidak menjalani race antara lain, kejurnas ITCR Max, STCR 2, ITCR 1500, ETCC 3000, Retro Race, dan Old Skool. (adr)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo