mobilinanews

Luar Biasa, Dari Karantina Corona ke Podium Formula E!

Minggu, 01/03/2020 15:51 WIB
Luar Biasa, Dari Karantina Corona ke Podium Formula E!
Jean- Eric Vergne, perjuangan hebat ke podium FE Marrakesh, Maroko. (Foto: mashviral)

mobilinanews (Maroko) - Ini cerita fantastis menyangkut jagoan balap Formula E Jean-Eric Vergne yang juga mantan driver F1.

Di karantina karena dugaan virus Corona, ia toh mampu mencapai podium race Formula E di Marrakesh, Maroko, Sabtu (29-2-2020). Dalam kondisi fisik yang masih lemah.

Driver utama tim DS Techeetah tak bisa ikuti sesi free practice pada Jumat (28/2/2020). Badannya panas, pusing pula.

Bukan karena cuaca Maroko yang memang terik, tapi pihak medis mencurigainya terpapar virus Corona lantaran suhu badan yang jauh melebih batas normal. Panas badannya mencapai 40 derajat celcius.

Ia digantikan pembalap cadangan. Alasan tim saat itu Vergne menderita migrain.

Di rumah sakit, ia diisolasi dalam ruangan khusus ukuran 5 meter per segi. Belasan jam menunggu hasil pemeriksaan dengan tekanan mental yang sangat tak ringan, pembalap Perancis itu akhirnya lega setelah negatif virus Corona.

Ia balik ke sirkuit dan ikut sesi kualifikasi Sabtu yang waktunya tinggal setengah jam. Hasilnya, ia dapat grid ke-11.

Selepas start, mantan pembalap Toro Rosso F1 dan tester Ferrari itu mampu menyalip satu demi satu driver di depannya sampai menduduki posisi kedua.

Untungnya, pembalap terdepan adalah rekan satu timnya, Antonio Felix da Costa. Vergne gunakan taktik slipstream di belakang Costa untuk menghemat energi yang sudah sangat terkuras. Maklum, badan masih meriang.

Di lap terakhir, saat balapan hanya menyisakan dua tikungan terakhir, stamina Vergne sudah nyaris habis dimakan cuaca yang sangat panas.

Pembalap tim BMWi Andretti Maximilian Guenther dengan mudah menyalipnya. Akhirnya Vergne harus puas di podium ketiga rdengan gap hanya 0,5 detik dari Guenther.

"Ini saat-saat tersulit sepanjang karir balap saya. Saat di karantina di rumah sakit menjadi pengalaman yang sangat mendebarkan. Saya kerahkan semua sisa tenaga untuk peertahankan P2 saat race, tapi bisa podium dalam situasi ini sungguh fantastis," kata Vergne, juara dunia Formula E musim 2017-2018 dan 2018-2019.

Costa yang sukses merih kemenangan perdana di FE turut merasa bangga naik podium bareng Vergne. Ia sebut rekannya layak menjadi bintang sirkuit.

"Vergne yang paling impresif hari ini. Ia menjalanhi hari yang berat. Jadi, podium bersamanya benar-benar super happy."

Kini Vergne harus masuk dlam proses pemulihan hingga sebulan ke depan, memasuki seri FE berikutnya di Roma, Italia, pada 4 April. Untuk musim 2019-2020 ini, ia menempati peringkat 8 klasemen sementara. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo