mobilinanews

Muncul Sirkuit Tanjuro, Trek Permanen di Taeh 50 Kota, Sumatera Barat

Kamis, 12/03/2020 01:40 WIB
Muncul Sirkuit Tanjuro, Trek Permanen di Taeh 50 Kota, Sumatera Barat
Diyakini sirkuit baru bakal ramai masa mendatang. (foto : ende)

mobilinanews (Payakumbuh) - Boleh jadi nama Nagari Taeh di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat sering terdengar menggelar Kejuaraan Grasstrack & Motocross. 

Sejak era tahun 2000an ada saja sirkuit baru dibuat, namun non permanen. Event selesai, trek pun tak terpakai lagi.

Salah satu kendalanya, apalagi kalau bukan soal lahan. Biasanya penyelenggara pakai sistem sewa lahan.

Setidaknya ada 4 lokasi berbeda di Taeh Bukik pernah dijadikan trek grasstrack & motocross sejak 2006 lalu. Kini akhirnya muncul sirkuit permanen.

Lokasinya berada di Jorong Pogang, Nagari Taeh Bukik. Berjarak hanya 7 km dari pusat kota Payakumbuh dan 18 km dari Sarilamak, pusat pemerintahan Kabupaten 50 Kota.

Cukup mudah dijangkau dan didukung masyarakat setempat yang telah lama menggemari tontonan balap garuk tanah.

Siapa pemiliknya? Setelah ditelusuri, ternyata ide bermula dari Mak Ay, penyuka trail. Putra daerah Taeh ini berdomisili di Pekanbaru, Riau. Idenya disampaikan kepada Haji Yuhanizar, pengusaha sukses asli Padang Japang yang menetap di Jakarta.

Gayung bersambut. "Kami satu visi dan misi dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Sejak pindah ke Taeh Bukik, maka mulailah membangun sirkuit permanen," buka Mak Ay, pria berusia 46 tahun yang bakal mengelola sirkuit.

Akhirnya muncul Sirkuit Tanjuro dengan panjang lintasan 1200 meter dengan 14 tikungan. Dilengkapi 2 table top, speed jump dan berstandar nasional. Dibangun di atas lahan seluas 5 hektar, selanjutnya tinggal finishing untuk menggelar kejuaraan grasstrack & motocross.

"Untuk mengelolanya, dibentuk Tanjuro Event Organizer. Saat ini sedang disiapkan agenda Wirabraja Grasstrack & Motocross Tanjuro Region 1 Sumatera," terang Mak Ay sambil menyebut tanggal 11-12 April 2020.

Bagi tracker dan crosser sekitar, tentunya kehadiran sirkuit baru ini bisa menjadi sarana latihan menjelang kejuaraan digelar. "Semoga akan muncul bibit baru dengan hadirnya sirkuit baru ini," harap Mak Ay.

Siplah! (BangVe)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo