mobilinanews

Modifikasi Nissan GT-R Paling Memukau Sedunia Pernah Singgah di Indonesia

Minggu, 05/04/2020 11:01 WIB
Modifikasi Nissan GT-R Paling Memukau Sedunia Pernah Singgah di Indonesia
Modifikasinya terbilang kelas berat. Sejumlah modifikator di luar Asia yang datang dan melihat langsung dibuat heran dan takjub. (anto)  

mobilinanews (Tangerang) – Selalu menarik ketika membahas Nissan GT-R, sportcar Jepang yang digadang mampu mengimbangi bahkan mengalahkan performa supercar Eropa.

Segenap keunggulannya ditambah rekam jejak legendarisnya, wajar jika di negara asalnya muncul beragam ‘tuning house’ atau rumah modifikasi yang mampu meningkatkan tenaga atau sekedar mempercantik estetika dari GT-R.

Kilas balik di ajang GIIAS 2017 lalu, diantara puluhan mobil modifikasi yang dipajang di pavilion komponen pendukung, terdapat sebuah sportcar yang kehadirannya menjadi sangat spesial. 

Yakni, Nissan GT-R racikan tuning house Kuhl-Racing Japan yang secara khusus didatangkan oleh National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) Indonesia di booth-nya ketika itu.

“Kami bekerjasama dengan manajemen Osaka Automesse untuk mendatangkan mobil ini, nanti di tahun 2018 giliran kami yang akan kirim mobil modifikasi dari Indonesia kesana,” jelas Andre Mulyadi, pendiri NMAA kepada Mobilinanews saat itu.

Nissan GT-R ini memulai kiprahnya pada Tokyo Auto Salon 2016, sebuah ajang pameran modifikasi tahunan terbesar di Asia, debutnya sempat menghebohkan dan menjadi headline sejumlah media internasional. 

Modifikasinya terbilang kelas berat. Sejumlah modifikator di luar Asia yang datang dan melihat langsung dibuat heran dan takjub. 

Wajar saja, karena Kuhl-Racing berkolaborasi dengan Rohan Izawa merencanakan project ini dengan sangat matang. 

Fokus utama ada di eksterior, sebab sekujur bodinya akan mendapatkan pahatan yang super presisi ala ukiran.

Hebatnya, semua bodi-kit ini berbahan fiberglass! Lantas desainnya dipilih bergaya oriental khas Asia. Keempat fendernya telah mengalami pelebaran dengan teknik wide-body menyesuaikan dimensi roda yang membesar. 

Paling rumit adalah pengerjaan detail pahatan yang membutuhkan tim tenaga terlatih, konsentrasi penuh dan jam kerja yang tak terhitung lagi untuk sebuah mahakarya artistik otomotif ini. 

Semua tahapan ini dikerjakan murni hand-made! Proses selanjutnya setelah pengerjaan seluruh detail bodi-kit selesai, dilakukan pelapisan warna krom, sebelum semua peranti dilapis cat goldmetal-plated.

Mesinnya pun turut digarap dengan penggantian kit turbocharged racikan Kuhl Racing dan penyempurnaan sistem pembuangan yang mengaplikasi muffler titanium. 

Hasilnya, keluaran tenaganya mencapai 820 dk. Melewati tenaga sebuah Lamborghini Aventador standar pabrikan yang dipatok di angka 700 dk.

Beruntung bagi penggemar modifikasi mobil di Indonesia yang dapat menyaksikannya secara langsung saat itu.

Sehingga tak perlu repot datang langsung ke Tokyo Auto Salon untuk sekedar bercengkrama dengan Nissan GT-R Kuhl Racing ini. 

Selain di Indonesia, GT-R ini kembali dipamerkan di sejumlah negara, setelah sebelumnya telah berkeliling ke kota-kota metropolis dunia seperti Dubai dan Las Vegas. 

Mau tau harganya saat itu? Cukup sediakan dana USD 1,46 juta, termasuk layanan maintenance oleh agen mereka di seluruh dunia. Wow!

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo