mobilinanews

Pandemi Covid-19 Mulai Berdampak Pada Penjualan Mobil Baru

Jum'at, 01/05/2020 10:35 WIB
Pandemi Covid-19 Mulai Berdampak Pada Penjualan Mobil Baru
Industri otomotif nasional merupakan salah satu bidang usaha yang terpukul akibat merebaknya pandemi Covid-19. (anto)

mobilinanews (Jakarta) – Industri otomotif nasional merupakan salah satu bidang usaha yang terpukul akibat merebaknya pandemi Covid-19. 

Karena, sektor otomotif tidak termasuk bidang pengecualian dalam aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang ditetapkan pemerintah, sehingga mengharuskan operasional produksi dan layanan dihentikan.

Salah satunya dialami Suzuki, yang menghentikan kegiatan di tiga pabriknya untuk sementara, begitu juga dengan jaringan dealer dan bengkel resmi yang wilayahnya diterapkan aturan PSBB.

Suzuki pun mengakui mulai merasakan dampak pandemi Covid-19 pada penjualan unit mobil barunya.

“Penjualan sangat terasa. Mobil itu bukan ‘primary buying’. Saat ini kami sadari kebutuhan dasar adalah makanan sehat, makanan pokok dan kesehatan yang mendukung,” ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales.

Hal ini diungkapkannya pada sesi Live Interview bertajuk “Ngobrol Bareng Suzuki Indonesia” di kanal Youtube Oto.com yang disiarkan langsung pada Kamis, 30 April 2020 pukul 16.00 WIB.

“Adjustment pada penjualan akan terasa, kami belum bisa informasikan berapa besar penurunannya karena belum closing. Lain waktu bisa kami sharing efek pandemi ini, mudah-mudahan enggak lama dan bisa recover semuanya,” harap penggemar olahraga lari ini.

Saat ini, sejumlah dealer Suzuki harus tutup karena mematuhi aturan PSBB yang diberlakukan di wilayah masing-masing.

“Bagi calon konsumen yang berminat mobil terbaru kami bisa lihat detailnya di website resmi www.suzuki.co.id, nanti akan dilayani secara online oleh wiraniaga kami dan akan ‘jemput bola’ ke konsumen,” jelas Harold.
 
Diakuinya, pola kerja wiraniaga secara habitual akan berubah. “Face to face selling tetap lebih tefektif, karena calon konsumen bisa lihat langsung secara fisik mobil yang diminatinya,” ungkapnya. 

“Kondisi yang sedang tidak mumpuni ini, membuat kami musti swicthing ke cara online, base on database konsumen yang kami miliki dan dari sosial media,” tegasnya. Semoga pandemi cepat berlalu. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo