mobilinanews

F1 2020: Songsong GP Austria, Dua Hal Yang Ditakutkan Ecclestone

Minggu, 03/05/2020 23:51 WIB
F1 2020: Songsong GP Austria, Dua Hal Yang Ditakutkan Ecclestone
Bernie Ecclestone dan Dietrich Mateschitz, tengah usahakan F1 bisa digelar di Austria. (Foto: motorsport)

mobilinanews (Austria) - Sudah berbicara langsung dengan sohibnya, Dietrich Mateschit yang pemilik Red Bull, Bernie Ecclestone yakin tak ada masalah keuangan untuk menggelar GP Austria pada 5 Juli 2020.

Yang Bernie takutkan adalah keberadaan Pirelli selaku pemasok tunggal ban F1.

"Ia sangat senang untuk menggelar balapan di Sirkuit Milik Red Bull di Spielberg meski tanpa penonton. Ia punya staf dan sukarelawan yang siap dan tak akan ambil keuntungan finansial dari balapan ini," kata Ecclestone, mantan penguasa F1 selama 4 dekade sebelum digusur Liberty Media pada 2017.

Mengingat serangan virus Corona di Austria tidak separah beberapa negara Eropa lainnya, plus dukungan pemerintah terhadap hajatan F1 sepanjang menjalankan protokol kesehatan yang ketat, Ecclestone sangat yakin Austria siap menjalankan seri pembuka F1 2020 itu.

Tapi, apakah yang lain siap? Itu yang dipertanyakannya.

"Masalahnya apakah tim dari Italia bisa keluar dari negaranya? Apakah kru Pirelli bisa berpergian ke luar Italia?" ucapnya.

Pertanyaan yang sangat logis. Tiga tim bermarkas di Italia (Ferrari, Alfa Rome, AlphaTauri). Dan, yang paling pokok adalah Pirelli sebagai pemasok tunggal ban F1.

Sejauh ini masih ada larangan traveling ke luar Italia entah sampai kapan karena negera ini cukup parah terdampak virus Corona.

Betul pihak Formula One Management akan mengerahkan pesawat khusus untuk menjemput mereka. Tapi, jika pemerintah Italia masih melarang warganya berpergian ke luar negeri maka semua yang disiapkan di Austria akan sia-sia. 

Sejauh ini pihak FOM maupun FIA sangat fokus mempersiapkan GP Austria dengan skenrio detil soal penerbangan, akomodasi, dan protokol kesehatan. Semuanya dalam status oke.

Tapi, sejauh ini pula belum ada kepastian apakah yang dipertanyakan Ecclestone itu sudh clear atau belum.

Itulah hebatnya Ecclestone. Pertanyaannnya cuma segitu, tapi sangat menentukan nasib GP Austria dan tentunya nasib seri berikutnya yang sudah dirancang. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo