mobilinanews

Danny Stacy Chau, Penggagas SEA Touring Car Asal Hongkong Telah Berpulang

Sabtu, 23/05/2020 12:40 WIB
Danny Stacy Chau, Penggagas SEA Touring Car Asal Hongkong Telah Berpulang
Danny Stacy Chau, legenda balap mobil Hongkong itu telah berpulang.

mobilinanews (Hongkong) - Danny Stacy Chau, legenda balap mobil Hongkong telah berpulang pada Jumat (22/5/2020) pukul 15.00 waktu Hongkong kemarin, setelah menderita sakit.

Danny Stacy Chau identik dengan balap mobil (balap touring) Asia. Setiap kali ada balap mobil level Asia Tenggara, Asia Pacific dan Asia, pasti ketemu dengan sosok kalem dan ramah ini.

Beberapa kali sosok Danny Stacy Chau datang ke Sirkuit Sentul International Bogor saat berlangsung seri South East Asia Touring Car Championship pada medio 90-an. 

Tidak hanya representatif dari penyelenggara, namun Danny Stacy Chau juga turun sebagai pembalap. Meski, usianya tak lagi muda.

"Danny Stacy Chau teman lama saya. Dan, saya menyampaikan duka mendalam atas kepergiannya," ujar Rio Sarwono, Komisaris Sirkuit Sentul International Bogor.

Menurut Rio Sarwono, Danny Stacy Chau adalah penggagas SEA Touring Car Championship bersama Sirkuit Sentul dan pengelola sirkuit di ASEAN, seperti Bhira (Thailand), Subic (Filipina) serta Shah Alam (Malaysia).

Hasil karya Danny Stacy Chau, yang kemudian bisa dikenang yaitu SEA Touring Car itu berkembang menjadi Asia Touring Car yang merupakan embrio balap touring di Asia saat ini. 

Karir balapnya mengikuti Grand Prix Macau tahun 1994 dengan tim IMSP mengandalkan Honda Civic V-Tec, dilanjutkan tahun 1996 dengan Honda Civic EG9 dan pada tahun itu juga mengikuti SEA Touring Car Championship bersama tim Honda Singha Apollo.

Pada 1997, Danny Stacy Chau ganti tunggangan dengan Toyota Carina E dengan Tim R2 Motorsport.

Sepanjang tahun 2010-an, Danny Stacy Chau masih aktif mengikuti balap di "Kelas Veteran" dengan sport di kawaswn dan Asia Pacific.

Namun setelahnya lebih aktif sebagai organizer dan instruktur balap kepada para pembalap muda di Hongkong khususnya dan Asia pada umumnya. (bs)

   

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo