mobilinanews

Daihatsu Tetap Pertahankan Market Share 17 Persen Di Masa Pandemi

Jum'at, 19/06/2020 21:30 WIB
Daihatsu Tetap Pertahankan Market Share 17 Persen Di Masa Pandemi
Daihatsu Sigra masih jadi tulang punggung penjualan. (anto)

mobilinanews (Jakarta) - Pandemi Covid-19 yang mewabah secara global termasuk di Indonesia, serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tujuannya untuk meminimalisir penyebaran virus membuat penjualan mobil, khususnya Daihatsu mendapat tantangan yang tidak mudah. 

Meskipun terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif Nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan mencatatkan kenaikan secara market share atau pangsa pasar selama masa PSBB ini.

Secara total penjualan empat bulanan, sejak Januari – April 2020, retail sales Daihatsu yang mencapai 44.346 unit. Dengan kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2% dari volume retail sales nasional 243.634 unit.

Namun, sampai dengan bulan Mei 2020, pasar otomotif yang merupakan salah satu penggerak industri nasional, masih terus mengalami penurunan.

Daya beli masyarakat yang terus menurun dan penerapan PSBB di banyak tempat, menjadi alasan utama. 

Daihatsu sebagai salah satu pemain utama otomotif Indonesia, juga mengalami penurunan volume penjualan.

Pasar otomotif nasional selama Januari – Mei 2020 mencapai 260 ribu unit atau turun 40% dari tahun lalu, sementara penjualan retail Daihatsu menjadi 48.019 unit atau turun 39% dari tahun lalu.

Masih lebih kecil dari penurunan pasar sehingga market share Daihatsu mengalami kenaikan dari 18.0% YTD Mei 2019 menjadi 18.4% YTD Mei 2020.

Untuk whole sales, Daihatsu mengikuti arahan pemerintah dengan membatasi operasionalnya, sehingga produksi atau pencapaian whole sales di bulan Mei 2020: 0 unit.

Pencapaian pasar mobil secara whole sales selama periode Januari – Mei 2020 sebesar 248 ribu unit atau turun 41% vs 2019.

Sementara, pencapaian whole sales Daihatsu periode Januari – Mei 2020 sebesar 49.443 unit atau turun 39% vs 2019.

Lebih baik dari penurunan pasar, sehingga market share Daihatsu secara whole sales mengalami kenaikan dari 19.2% di tahun 2019 menjadi 19.9% di tahun 2020.

Bicara soal target, PT Astra Daihatsu Motor tetap pertahankan market share atau pangsa pasar sebesar 17 persen di masa pandemi ini.

“Target Daihatsu sampai akhir tahun, seperti biasa kami lihatnya dari market share, bukan amount,” jelas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation. 

Hal ini diungkapkannya kepada media pada sesi konferensi pers ‘market update’ secara virtual, pada Jumat (19/6/2020).

“Minimal 17%. Kita berharap kalo di angka itu kami di posisi kedua. Kita lihat dulu apakah market nasional akan konsisten. (selama pandemi) tidak berubah, tetap 17%,” tegas Pak Hend, sapaannya.

Bagaimana caranya untuk mencapai target tersebut? “Sekarang agak sulit ya. Jujur situasi sekarang agak sulit. 75% lebih kredit,” ungkapnya. 

“Yang kita akan keluarkan yakni paket paket yang reasonable antara pembeli dan leasing, tapi kami akan berikan insentif, berupa promo-promo. Seperti di Februari lalu kami berikan penawaran yang sangat menarik sekali,” tambahnya lagi.

Hendrayadi juga berharap penjualan dapat berangsur pulih dan daya beli kembali membaik. (anto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo