mobilinanews

F1 Austria 2020: Ditunggu, Serangan Balik Verstappen Sepanjang Sabtu Ini!

Sabtu, 04/07/2020 04:37 WIB
F1 Austria 2020: Ditunggu, Serangan Balik Verstappen Sepanjang Sabtu Ini!
Lewis Hamilton sementara tercepat di GP Austria 2020. (Foto: racefans)

mobilinanews (Austria) - Sesi Sabtu, 4-7-2020 ini diisi dengan FP3 dan tiga tahap kualifikasi. Dua penyandang gelar juara dunia, Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel, menyebut inilah pertarungan sesungguhnya hingga raceday pada Minggu (5/7/2020).

Hal sama diapungkan penantang keras dari kubu Red Bull, Max Verstappen.

Dominasi Mercedes yang menempatkan duet Hamilton dan Valtteri Bottas tercepat 1-2 di kedua sesi latihan Jumat (3/7/2020) belum bisa jadi rujukan bakal seperti apa persaingan pada step berikutnya. Gambaran utuh hanya bisa diperoleh pada sesi sepanjang Sabtu ini.

"Tercepat di sesi awal bukan hal yang patut diseriusi untuk menyongsong kualifikasi dan balapan. Ini baru mengkonfirmasi masukan awal bahwa paket yang kami bawa sangat positif. Dan,kita sama sekali belum tahu kekuatan lawan sesungguhnya," kata Hamilton yang dalam dua musim terakhir gagal menjuarai GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring.

Vettel sepakat dengan Hamilton bahwa hasil latihan awal belum menggaransi apapun. Pembalap Jerman ini memang akui paket keseluruhan Ferrari ke seri pembuka 2020 ini memang kurang maksimal.

Nada optimisme tetap ia apungkan setelah sukses mengganti setelan mobil, dari hasil P12 di FP1 menjadi P4 di FP2 dengan selisih waktu hanya 0,016 detik dari Sergio Perez (Racing Point, yang mengusung mesin Mercedes).

"Mungkin kami bukan penantang dalam perebutan pole. Tapi, evaluasi dan pengembangan tim malam ini (Jumat malam) bisa membuat perbedaan," kata Vettel yang pastinya sudah paham area mana dari SF1000 yang harus dikembangkan.

Hal dan kiat sama muncul dari Verstappen, sang juara GP Austria dalam dua musim terakhir.

Ia mampu menempel kecepatan Hamilton dan Bottas di FP1, namun terpuruk ke posisi 8 di FP2 tak lain karena kesalahannya sendiri menggeber RB16 kelewat agresif saat time attack. Membuatnya melintir dan merusak sayap depan.

"Tak ada yang saya keluhkan. Secara umum mobil bagus, saya tampil baik. Tak sabar menunggu sesi berikutnya."

 Dan, Verstappen berharap perubahan set up mobil membawa perubahan signifikan pada sesi Sabtu. Targetnya jelas, melakukan serangan balik dan bertarung berebut pole position.

Sabtu (4/7) pagi ini waktu Austria dihelat FP3 yang biasanya digunakan pembalap untuk merancang setingan mobil untuk kepentingan kualifikasi.maupun setingan terakhir untuk race.

Sesi Q1, 2 dan 3 digelar pada petang hari untuk tentukan starting grid dan ini sudah menjadi kompetisi tersendiri dengan adu kecepatan per lap. 

Pertanyaannya, mampukah Verstappen menghadang dominasi Mercedes? Dan, akan seperti apa performa Vettel yang tengah galau di dalam tim Ferrari? (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo