mobilinanews

Suka Duka Memelihara Mobil Peugeot Untuk Balap di Mata Hadi Taruna

Selasa, 07/07/2020 23:10 WIB
Suka Duka Memelihara Mobil Peugeot Untuk Balap di Mata Hadi Taruna
Ganteng, tampilan Peugeot 306 milik Hadi Taruna yang sudah dimodifikasi

mobilinanews (Jakarta) - Di Indonesia, populasi mobil lansiran Jepang memang sangat mendominasi. Entah dari mobil murah sampai mobil yang paling mahal, semuanya laris manis di pasar otomotif Tanah Air.

Namun, bagi Hadi Taruna pembalap sekaligus mekanik memiliki passion yang agak beda. Sejalan dengan tim balap yang digawangi yaitu Ganteng Racing Team dengan mengandalkan Peugeot 306 dan 405 di ajang mobil balap.

Menurut Hatar - sapaan akrabnya - , dalam merawat mobil lansiran Perancis ini, menjadikannya pintar. Bukan hanya untuk urusan perawatan rutin, tetapi  melakukan modifikasi kecil-kecilan pun harus diperhatikan secara detail. Hal ini mengacu pada part yang digunakan belum banyak ditemui di sini.

"Suka duka punya mobil Peugeot yang masih kurang populer di Indonesia adalah ketika kita butuh parts secara cepat. Sebagian seri tertentu masih bisa kita dapatkan, tapi untuk seri tertentu, tidak bisa kita dapatkan dengan cepat. Jadi ada fase kita harus menunggu part tersebut tiba," buka Hatar.

Peugeot 306 milik Hadi Taruna yang sudah dimodifikasi

Bukan hanya part OEM-nya saja yang susah dicari di Indonesia, tetapi untuk part modifikasi juga mengalami hal yang sama, yakni sulit mendapatkannya. Sehingga, Hatar memiliki strategi dalam melakukan modifikasi pada mobil berlogo Singa tersebut.

"Untuk parts after market buat seri-seri Peugeot  2007 sampai dengan 2013, belum banyak yang tersedia. Jadi kita harus pintar-pintar mencari di luar, itu artinya tidak bisa leluasa mengganti atau melakukan modifikasi. Jadi kasarnya harus direncanakan detail tentang pekerjaannya dulu," tambah Hatar, tuner yang doyan kuliner ini.

Meski demikian, Hatar tetap merasakan sesuatu yang berbeda ketika memelihara mobil Peugeot. Ada kenikmatan tersendiri dalam menggunakan Peugeot untuk aktivitas sehari-hari.

"Suka memelihara Peugeot karena memang mobilnya nyaman dan enak dikendarai, terlebih di Jakarta. Performanya cukup kencang, harga mobilnya juga enggak mahal, dan yang terpenting harga parts terjangkau," ungkap Hatar sembari tertawa.

Hatar tidak hanya menggunakan Peugeot 306, tetapi juga memiliki model lain seperti 806 dan 307 SW yang diparkir di garasi rumah sekaligus  workshopnya. (hf)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo