mobilinanews

ASEAN NCAP Uji Keselamatan Mobil Produksi Indonesia

Jum'at, 25/09/2015 18:04 WIB
ASEAN NCAP Uji Keselamatan Mobil Produksi Indonesia
Foto - Berbagai Sumber
Logo ASEAN NCAP

mobilinanews (Jakarta) - Akhirnya proses uji kelayakan dan keselamatan mobil menyentuh produk-produk yang dijual di Indonesia. Setelah baru-baru ini ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) melakukannya di Indonesia, atau tepatnya di Bandung.

Seperti yang dikutip dari keterangan pers resmi ASEAN NCAP, proses pengujian dilakukan untuk memenuhi persyaratan Forum Keselamatan ASEAN 2015/003 dengan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB).

Jajaran mobil yang masuk dalam proses pengujian adalah 3 model Low Cost Green Car (LCGC) milik Toyota, Daihatsu dan Datsun, dan satu model pikap Toyota Hi-Lux.

"Ini untuk memastikan bahwa struktur hatchback kuat dan mampu melindungi pengemudi maupun penumpang saat terjadi kecelakaan," jelas Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim.

Ditambahkan oleh Khairil, bahwa fitur keamanan pasif dan aktif, misalnya airbag dan Electronic Stability Control (ESC) punya peran utama meminimalisir kemungkinan cedera parah terhadap penumpang kendaraan. "Pengujian ASEAN NCAP mencakup semua elemen tersebut dalam proses uji tabrak kendaraan."

NCAP merupakan sebuah badan yang memiliki tanggung jawab untuk menginformasikan tingkat keamanan sebuah kendaraan kepada konsumen. ASEAN NCAP akan menentukan mobil mana yang memberikan perlindungan terbaik dalam kecelakaan melalui peringkat bintang dalam skala 1-5 bintang.

Model yang mendapat peringkat bintang tertinggi (5) tentunya akan mendapat rekomendasi sebagai mobil paling aman.

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo