mobilinanews

Ngalahin Sirkuit MotoGP Mandalika, Sirkuit Merauke Untuk PON Papua Rampung 85 Persen!

Rabu, 22/07/2020 12:40 WIB
Ngalahin Sirkuit MotoGP Mandalika, Sirkuit Merauke Untuk PON Papua Rampung 85 Persen!
Dyan Dilato bersama para pembalap lokal Merauke, Papua menjajal sirkuit setelah dilakukan track inspection kemarin. (foto2 : punqee whitney india)

mobilinanews (Merauke) - Sirkuit Merauke di Kabupaten Merauke, Papua, yang akan dipakai untuk ajang balap motor Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang diundur Oktober 2021 telah rampung 85 persen.

"Track road race 85 persen sudah jadi. Tinggal Apex, tyre barrier, rumput, drainase, pit dan paddock," ujar Dyan Dilato kepada mobilinanews.

Biro Teknik dan Safety Sepeda Motor IMI Pusat tersebut kemarin melakukan track inspection di sirkuit sepanjang 1,85 km yang disebutnya sebagai sirkuit standar IMI.

Disebutkan, kelebihan sirkuit ini nantinya ada pada corner flowing, no hard breaking dengan lebar aspal 8 meter masing-masing untuk run off kiri dan kanan. 

"Lima meter kiri dan kanan, jadi total lebar 18 meter. Dengan 14 tikungan, 7 ke kiri dan 7 ke kanan, balance for tyre grip," terang Dyan Dilato yang bersama Dadan HP (Ketua Komisi Motocross) serta didampingi pejabat Kementerian PUPR, KONI, IMI Papua, Bapeda serta Bupati Merauke saat melakukan track inspection. 

Keterangan yang didapat dari Dyan Dilato terkait sirkuit yakni aspal 8 meter (lebar) sepanjang 1.812 meter trek sudah rampung dalam keadaan baik.

Kemudian, paddock 28 garasi tengah dalam konstruksi, instruksi garis pit in dan pit out, aspal pit lebar 6 meter sepanjang 482 meter, info pembuatan Apex dan cat merah putih.

Info pembuatan track limit dan marka track 12 cm lebar warna putih, pembuatan tyre barriers, pengecatan serta pangkatnya. 

Pagar Pit tinggi 130 cm dan lokasi garis start, finish serta flag marshall, penanaman rumput, check podium penonton dan race control.

"Dan telah dilakukan testing track dengan 4 motor jam 8 sampai dengan 11 siang pada Selasa, 21 Juli 2020," terang Dyan Dilato.

Disebutkan Dyan Dilato, pembalap lokal asal Merauke yang melakukan tes aspal di sirkuit. 

"Tapi, track belum bisa dipakai sampai dengan 100 persen selesai. Sekitar 2-3 bulan keseluruhan lintasan bakal rampung dan sudah bisa dipakai," lanjut Dyan Dilato.

Dan ternyata kenapa Dyan Dilato bersama Dadan HP melakukan track inspection, karena Dadan juga melakukan hal sama untuk sirkuit motocoss PON yang letaknya bersebelahan dengan sirkuit balap motor.

"Langsung bersebelahan, hanya dibatasi pagar pemisah," jelas Dyan Dilato, menambahkan trek motocross juga sudah mendekati rampung.

Wah seru nih nonton balap motor dan motocross di PON tahun depan : bisa melihat balap motor sekaligus motocross. (bs) 

  

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo