mobilinanews

Ini Alasan Jokowi Pakai Alphard Daripada Mercy S600 Guard Saat Upacara di Istana Negara

Rabu, 19/08/2020 01:20 WIB
Ini Alasan Jokowi Pakai Alphard Daripada Mercy S600 Guard Saat Upacara di Istana Negara
Presiden Jokowi menumpang Toyota Alphard, bukan Mercedes-Benz pada upacara HUT RI ke-75 ke Istana Negara Bogor. (foto : setneg)

mobilinanews (Jakarta) - Perayaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) nampaknya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Pedoman Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 pun dikeluarkan oleh Kementerian Sekretariat Negara dalam surat bernomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020.

Di dalam pedoman, tercantum perbedaan apa saja pada perayaan Hari Kemerdekaan dengan yang perayaan sebelumnya, termasuk upacara yang diadakan di Istana Negara, Bogor. Peserta upacara pun dibatasi, dan hanya diikuti 6 peserta.

Yakni Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks Proklamasi.

Kemudian ada Menteri Agama Fachrul Rozi sebagai pembaca doa, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Saat datang ke Istana Negara, mobil Toyota Alphard plat merah bertuliskan INDONESIA 1 yang ditumpangi Jokowi menjadi sorotan.

Pasalnya, dalam keseharian kedinasan Jokowi menggunakan mobil Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard atau S600 Pullman Guard.

Kenapa Pak Jokowi nggak pakai mobil Mercynya, ya?

Ternyata MVP Premium keluaran Toyota tersebut memang menjadi salah satu cadangan mobil dinas Kepresidenan, guys.

Karena 17 Agustus adalah 'momentum spesial', beliau pilih naik mobil yang jarang dipakainya. Oh iya, Toyota Alphard ini juga yang sering Jokowi pakai untuk bepergian bersama keluarga, loh.

Karena Alphard dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 3.5 liter yang mampu mengeluarkan tenaga 271 dk pada 6.200 rpm dan torsi 340 Nm pada 4.700 rpm, membuat tarikannya nyaman dan tidak terlalu kencang.

Wah pantes jadi mobil favorit Pak Presiden Jokowi untuk jalan-jalan.

Selain mobil-mobil yang disebutkan di atas, masih ada beberapa mobil dinas Pak Jokowi yang lainnya loh! Diantaranya SUV Toyota Land Cruiser yang mampu menerjang jalanan berbatu.

Terlihat Pak Jokowi terakhir memakai mobil dinas ini saat survey jalan tol di Kalimantan Timur pada akhie 2019 lalu.

Satu lagi, Mercedes-Benz G-Class milik Paspampres digunakan Jokowi saat memantau pembangunan jalan tol di Bandar Lampung pada 2016 lalu.

SUV legendaris ini dipercaya bisa melewati jalanan tak beraspal dan agak rusak dengan mulus.    

 Keren, ya jadi Presiden! (lila)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo