mobilinanews

Test Drive : Paket Komplit Suzuki Baleno Hatchback!

Minggu, 20/09/2020 21:35 WIB
Test Drive : Paket Komplit Suzuki Baleno Hatchback!
Suzuki Baleno hatchback hadir dengan kesempurnaan berkendara. (foto : hf)

mobilinanews (Jakarta) - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi mendatangkan keluarga baru dari model Baleno, dengan mengusung konsep hatchback. Suzuki Baleno hatchback hadir di Indonesia dengan harga Rp 270 jutaan dan terdiri dari dua varian, yakni manual dan automatic.

Beberapa waktu lalu, kami mendapat kesempatan dari PT SIS untuk mengetes mobil yang disokong dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.400cc. Bagaimana dengan impresi terhadap mobil tersebut?

Berikut kami mengenai keunggulan dan kekurangannya.

1. Mesin Bertenaga
Bicara mengenai tenaga yang dihasilkan, pada Suzuki Baleno Hatchback ini sangat bisa diandalkan untuk mobilitas harian. Hentakan tenaga yang mumpuni, serta torsi yang melimpah sejak rpm awal, membuat saya jatuh hati. Uraian tenaga yang dihasilkan dari ruang mesin, mampu memberikan akselerasi yang tepat ketika dibutuhkan.

Terlebih kapasitas mesin dengan kode K14B terbilang kecil. Jika dibandingkan dengan kompetitornya yang memiliki kapasitas 1.5 L, memang Suzuki Baleno hatchback memiliki selisih yang lumayan. Namun, hal tersebut tidak begitu berpengaruh bagi saya.

Suzuki Baleno Hatchback memiliki mesin yang responsif

2. Kabin Super Lega
Dengan mengusung tagline `The Complete Hatchback`, rasanya sangat pas dengan kenyamanan yang diberikan. Untuk baris depan, leg room, head room, sampai posisi duduk dan visual ke depam, mobil ini memberikan suguhan yang nyaman. Apalagi kalau melongok baris kedua, di mana kabin yang luas sangat mengakomodir untuk penumpang baik anak-anak ataupun orang dewasa sekalipun.

Dengan posisi menyetir saya yang memiliki tinggi 172 cm, ruang di kabin belakang masih bisa digunakan oleh penumpang belakang dengan sangat nyaman. Bahkan, untuk urusan kursinya, Suzuki Baleno hatchback telah dibekali dengan busa yang empuk sehingga tidak membuat gusar pengemudi dan penumpang untuk berlama-lama di dalam mobil.

3. Desain Menarik
Berbeda dari generasi sebelumnya di mana selalu mengusung konsep sedan. Suzuki Baleno hatchback, menurut saya menampilkan desain yang lebih eye catchy. Jika dilihat dari depan, samping dan belakang, Suzuki Baleno hatchback hadir dengan nuansa yang berbeda.

Dengan desain yang futuristik, Suzuki Baleno hatchback sangat mudah dikenali. Desain daytime running light di depan, memberikan garis yang sangat cantik lantaran menyerupai alis.

4. Bagasi Luas
Untuk urusan penyimpanan di mobil, Suzuki Baleno hatchback telah ditopang dengan ruang bagasi yang sangat proper. Bahkan, sebuah stroller besar pun bisa masuk dengan sangat baik.

Tentunya, melihat kapasitas bagasi yang luas, menjadi sebuah keunggulan yang ditawarkan untuk konsumen. Tentunya, untuk mobil keluarga yang senantiasa membawa stroller, ruang bagasi Suzuki Baleno hatchback bisa menunjang dengan sangat baik.

Pengendalian Suzuki Baleno Hatchback sangat nyaman.

Meski saya dibuat terlena dengan beberapa keunggulan yang ditawarkan, namun saya tetap menemukan beberapa poin kekurangan. Namun, kekurangan ini bagi saya bukan persoalan besar.

1. Slot pengisian daya
Layaknya mobil keluaran baru, tentu fitur pengecasan untuk gawai sudah disediakan. Namun sayang, pada Suzuki Baleno hatchback, pengisian daya yang tersedia belum support fast charging. Padahal, gadget saat ini hampir semuanya sudah mendukung fitur tersebut.

2. Rem parkir
Sejatinya, Suzuki Baleno hatchback memang sudah dibekali dengan beberapa fitur mumpuni. Namun untuk fitur rem tangan, sayang masih menggunakan metode lawas yakni mengandalkan tuas. Alangkah baiknya metode tersebut sudah dipasang rem parkir elektrik sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya.

3. Lag pada transmisi
Meski Suzuki Baleno hatchback sudah dibekali dengan mesin yang powerful, namun ada satu kelemahan yang menurut saya masih kurang menyenangkan. Transmission lag, masih begitu terasa saat mobil dipacu untuk berakselerasi. Bagi saya, jeda transmisi tersebut kurang halus sehingga ada feeling yang kurang.

Kesimpulan:

Sebagai kendaraan urban hatchback, Suzuki Baleno generasi terbaru masih sangat layak untuk mengisi garasi. Terlebih ketika ini menjadi mobil pertama Anda, ini adalah pilihan yang tepat karena akomodasi, serta fungsionalitas kabinnya sangat mumpuni untuk diajak bertualang kemana pun! (hf)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo