mobilinanews

DP 0 Persen Mobil Listrik Tidak Efektif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 03/10/2020 20:05 WIB
DP 0 Persen Mobil Listrik Tidak Efektif? Begini Penjelasannya
Insentif untuk kendaraan listrik termasuk DP nol persen dinilai belum efektif karena daya beli menurun akibat pandemi covid-19

mobilinanews (Jakarta) - Bank Indonesia telah memberikan intensif fiskal terhadap kendaraan listrik, sehingga pembelian bisa dilakukan secara kredit dengan Down Payment (DP) nol persen, per 1 Oktober 2020.

Hak istimewa lainnya, mobil listrik bebas ganjil genap sejak Agustus 2019 lalu. Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan bermotor berbasis listrik mobil dan motor.

Yakni terdapat pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 tahun 2020 mengenai Insentif Pajak Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan.

Selain itu, kebijakan non-fiskal pun juga direncanakan menjadi pemanis keistimewaan kendaraan listrik. 

"Fasilitas lainnya, kendaraan listrik bisa parkir lebih murah dan mendapat tempat khusus di mall atau perkantoran dan sebagainya," ujar Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Alasan kenapa pemerintah sangat mengistimewakan kendaraan listrik, nggak lain karena diharapkan dapat mempercepat program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vechicle), sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Namun menurut Jongkie, kebijakan DP 0 persen tersebut dinilai belum efektif di tengah pandemi sekarang ini. 

"Pasalnya, daya beli masyarakat saat ini menurun. Jadi, DP 0% belum tentu bisa menaikkan angka-angka penjualan secara signifikan," ungkap Jongkie.

"Satu hal lagi, kendaraan listrik harganya yang relatif masih mahal, di kisaran 1 miliaran rupiah," tambahnya.

Namun Jongkie mengimbau untuk tidak perlu khawatir, karena diprediksi akan meningkatnya pertumbuhan ekonomi begitu pandemi berakhir nanti,  daya beli masyarakat juga akan meningkat. (lila)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo