mobilinanews

MotoGP 2020 Prancis: Kacau, 6 Mekanik Yamaha Tersangkut Covid-19

Jum'at, 09/10/2020 03:08 WIB
MotoGP 2020 Prancis: Kacau, 6 Mekanik Yamaha Tersangkut Covid-19
Garasi tim Yamaha, di GP Prancis tanpa kehadiran sang pemimpin proyek YZR-M1. (Foto: ist)

mobilinanews (Prancis) - Kabar buruk menyergap rider pabrikan Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Enam teknisi tim tak bisa gabung di GP Prancis gegara wabah Covid-19.

Satu dari 6 insinyur itu sudah dinyatakan positif Covid-19. Lima rekannya negatif dalam tes pertama dan harus lakoni tes kedua. Yamaha mengakui kasus itu tapi tidak membeberkan nama krunya yang positif. Tak juga disebutkan mereka itu kru tim Rossi atau Vinales. 

Yang jelas kedua rider itu akan terpengaruh karena salah satu dari enam orang itu adalah Takahiro Sumi yang terbilang tulang punggung tim. Ia figur penting dalam tim karena jabatannya adalah pemimpin proyek pengembangan YZR-M1, motor besutan Rossi dan Vinales.

Dalam rilis yang dibagikan ke media, Yamaha memastikan ketidakhadiran 6 personel mereka di GP Prancis akhir pekan ini. Semuanya harus diisolasi di Andorra, negeri kecil di utara Spanyol. Karena pembatasan perjalanan di beberapa negara Eropa, banyak kru yang memang memilih tinggal di Andorra di antara satu race ke race berikutnya.

"Selasa lalu salah satu dinyatakan positif kena Covid-19 saat diperiksa jelang keberangkatan ke Prancis. Lima anggota rombongan lainnya harus jalani pemeriksaan lebih lanjut dan tidak akan hadir di LeMans, termasuk Takahiro Sumi," sebut Yamaha dalam keterangannya.

Yamaha sudah siapkan para pengganti mereka. Khusus untuk Sumi, komunikasi akan tetap berjalan sepanjang sesi latihan hingga raceday lewat sistem komunikasi tertentu yang disiapkan Yamaha. Belum pasti apakah mereka ini bisa ikut ke race MotoGP berikutnya di Sirkuit Aragon minggu depan.

Sejauh ini belum ada komentar dari Rossi dan Vinales. Yang jelas, keduanya sangat membutuhkan pendulangan poin di LeMans, khususnya Vinales yang berada dalam grup yang bertarung untuk perebutan trofi 2020.  Ia berada di peringkat 3 klasemen sementara dengan poin 90. Kalah 18 angka dari Fabio Quartararo sebagai pemimpin klasemen dan kalah 10 angka dari Joan Mir yang menduduki peringkat kedua. (rnp)

 

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo