mobilinanews

Offroader Sumbar Bangga Bisa Support Kegiatan TMMD 109 di Pesisir Selatan

Jum'at, 16/10/2020 16:20 WIB
Offroader Sumbar Bangga Bisa Support Kegiatan TMMD 109 di Pesisir Selatan
Letjend TNI Wisnoe Prasetya Boedi siap meninjau lokasi bersama offroader.

mobilinanews (Padang) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Pekerjaan fisik tentunya lebih berat dibanding non fisik. 

Salah satunya adalah membuka akses jalan antar desa. Namun jika dilaksanakan bersama, pekerjaan berat akan terasa ringan.

Kendala utama membuka akses jalan terisolir yakni dibutuhkan kendaraan yang bisa menempuh trek offroad. Disinilah peran offroader diperlukan.

"Harus ada mobil double gardan yang bisa melewatinya, selain pakai alat berat," sebut Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, Dandim 0311/Pessel.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran program TMMD di Sumatera Barat yakni Kecamatan Bayang Utara di Pesisir Selatan.

Sasarannya, pembukaan jalan sepanjang 7,9 km dari Nagari Pancuang Taba ke Dilan, dilanjutkan ke Limau Limau.

Ketika kegiatan ini dikunjungi Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI AD, diperlukan kendaraan yang akan dinaiki Letjen TNI Wisnoe Prasetya Boedi dari Pusterad dan Brigjend TNI Arief Gajah Mada selaku Danrem 032/Wirabraja.

"Kami kirimkan offroader beserta kendaraan 4 wheel drive untuk mendukung kegiatan TMMD di Kecamatan Bayang Utara," semangat Liong, panggilan Priyono Indra, Ketua Padang Offroad Club (POC) yang juga Ketua IOF Pengcab Padang.

Maka berangkatlah beberapa unit mobil jip dari beberapa daerah di Sumbar ke lokasi.

"Inilah kesempatan kami bisa membantu TNI bersama membuka akses jalan bagi masyarakat setempat," puas H Edi Yurdinal, mantan Ketua Harian IOF Pengda Sumbar yang mengkoordinir offroader.

"Sekian tahun lalu, kami juga telah membuka akses jalan menuju daerah Alahan Panjang di Solok. Cuma karena wilayahnya masuk kawasan Hutan Cagar Alam, terkendala sampai sekarang. Terpaksa diambil jalan lain," beber Haji Ujang, sapaan Edi Yurdinal, offroader senior di Ranah Minang.

Saat menaiki kendaraan Jeep Willys, Danrem bertanya, offroader dari mana saja ini? Dijawablah dari Padang Offroad Club dan komunitas lainnya di bawah IOF Pengda Sumbar.

"Puas dan bangga bisa mendampingi dua jenderal meninjau ke lokasi kegiatan yang medannya sangat ekstrem," pungkas Haji Ujang.

Siplah! (bangve)



 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo