mobilinanews

Mandalika Hampir Dipastikan Tidak Masuk Kalender Moto GP 2021!

Selasa, 17/11/2020 07:30 WIB
Mandalika Hampir Dipastikan Tidak Masuk Kalender Moto GP 2021!

mobilinanews (Paris) - Pada setiap akhir tahun, FIM (Federation Internatiomale de Motocyclisme) selalu menyelenggarakan meeting untuk membahas kegiatan di tahun berikutnya. 

Acara meeting dengan nama Circuit Racing Commission (CCR) tersebut akan membahas kegiatan FIM pada tahun 2021 termasuk MotoGP.

Untuk tahun ini, acara akan diadakan pada 25 November 2020 pekan depan dengan virtual Zoom karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

Tahun-tahun sebelumnya, acara dilangsungkan secara faktual diikuti perwakilan ASN (IMI) seluruh dunia di Paris (markas FIM) atau negara Eropa lainnya yang ditunjuk.

Undangan dan Jadwal meeting tersebut juga sudah didistribusikan kepada Seluruh Anggota FIM seluruh dunia.

Sayangnya, pada kalender MotoGP terbaru tahun 2021, telah dituliskan 20 seri lengkap dengan sirkuit dan tanggal balapannya tidak tercantum nama MotoGP Mandalika Indonesia.

"Dari 20 seri provisional tersebut, ada satu seri yang masih To be Decided. Yang artinya bisa dilangsungkan, juga bisa tidak dilangsungkan. Tergantung kesiapan sirkuit dan keputusan Dorna Sports," ujar Onny Padmo, yang pernah menjadi anggota komisi di FIM.

Melalui channel youtube, Carmelo Ezpeleta sebagai bos Dorna Sports menyebutkan menunggu perbaikan lintasan (overlay) sirkuit Brno, Rep.Ceko untuk jadwal To Be Decided tersebut. Dan, sepertinya akan segera bisa dirampungkan.

Nah, soal tiadanya nama MotoGP Mandalika ini berbarengan dengan hilangnya sirkuit Algavre Portugal dan sirkuit Igora Drive Rusia yang pada jadwal provisional sebelumnya masih tertulis sebagai reserved circuit (baca : sirkuit cadangan).

Dengan tiadanya nama Sirkuit Mandalika sebagai salah satu agenda yang akan dibahas, artinya memang Indonesia tidak termasuk dalam kandidat penyelenggaraan moto GP tahun 2021.

"Dari pengamatan saya selama ini, sangat-sangat jarang sebagai sirkuit cadangan bisa berubah menjadi jadwal fix, kalau tidak ada hal yang luar biasa. Misalnya, digaransi penuh Dorna," ujar tokoh senior motorsport Indonesia yang corcern terhadap motorsport lokal maupun international yang minta tak disebut namanya.

"Memang penentuan akhir soal jadwal MotoGP 2021, masih akan Februari 2021. Tapi dengan kondisi sirkuit Mandalika belum rampung pembangunannya, rasanya kok susah bisa terselenggara tahun 2021. Kalau 2022, sepertinya lebih available," lanjutnya.

Rasanya, Dorna Sport juga tak berani gegabah memasukkan sirkuit yang belum rampung pembangunannya dalam kalender tahun berjalan. Ini menyangkut reputasi dan kredibilitas. (wan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo