mobilinanews

Mandalika Masih Bisa Gelar MotoGP 2021, Begini Caranya!

Rabu, 18/11/2020 10:38 WIB
Mandalika Masih Bisa Gelar MotoGP 2021, Begini Caranya!
Sirkuit MotoGP Mandalika yang saat ini tengah dikebut pengerjaannya

mobilinanews (Jakarta) - Dorna Sport dan FIM telah merilis kalender sementara terbaru MotoGP tahun 2021. Dan, seperti diduga, nama MotoGP Mandalika tidak tercantum.

Padahal pada kalender sementara sebelumnya, MotoGP Mandalika masih tertulis sebagai reserved venues (cadangan) bersama Portugal dan Rusia.

Salah seorang enthusiast otomotif Tanah Air pun mencoba menanyakan langsung terkait pengertian reserved venues kepada Dorna, melalui email. 

Tak diduga, pertanyaan tersebut segera mendapat respon dari penyelenggara MotoGP tersebut. 

"Mohon maaf, late respon. Dorna menyatakan tidak ada privilege untuk MotoGP Mandalika, statusnya masih cadangan. Status cadangan itu sembari menunggu sirkuit rampung, dan jika ada venue lainnya membatalkan atau mengundurkan diri," begitu kira-kira jawaban dari Dorna.

Jadi, jawaban itu membantah pernyataan MGPA bahwa dengan status reserved venues, MotoGP Mandalika mendapat perlakuan khusus Dorna bisa memilih jadwal MotoGP.

Bahasanya agak diplomatis. Bisa dimaknai sebenarnya MotoGP Mandalika pun masih memiliki kans bisa menggelar MotoGP 2021, meski peluang itu tidaklah besar, siapkan dana (besar) dan harus gercep (gerak cepat).

"Syaratnya MGPA (Mandalika Grand Prix Association) secepatnya melakukan lobi ke Dorna dan FIM, tenggang waktunya sampai 25 November berbarengan dengan pertemuan akhir tahunan CCR (Circuit Racing Commission) FIM," ujar Onny Padmo, mantan anggota komisi di FIM.

Di event tersebut, lanjut Onny Padmo, setiap penyelenggara balap dari MotoGP, WSBK, WorldSSP, MXGP dan cabor olahraga sepeda motor lainnya akan ditanyakan kesiapannya untuk gelaran tahun depan.

"Kalau menyatakan siap, segera ditentukan term pembayaran, jadi deh. Its simple," lanjut Onny Padmo.

Bagaimana caranya agar peluang MotoGP Mandalika 2021 kembali terbuka?

"Lobi tingkat dewa deh. Kayak kerjasama bisnis saja, semakin kita butuh ya semakin ...," Onny Padmo tidak melanjutkan kalimatnya sembari tersenyum.

Pasalnya, peluang itu masih ada, karena ada satu slot seri yang masih To Be Decided. Dan, keputusan final terkait jadwal MotoGP ditentukan pada Februari 2021.

Bagaimana MGPA? (wan)    

 

  

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo