mobilinanews

Gaikindo : Sepanjang 2020, Penjualan Mobil Listrik Alami Peningkatan

Kamis, 26/11/2020 07:44 WIB
Gaikindo : Sepanjang 2020, Penjualan Mobil Listrik Alami Peningkatan
Penjualan kendaraan bermesin listrik alami peningkatan selama 2020 menurut data Gaikindo. (foto : ist)

mobilinanews (Jakarta) - Pemerintah mulai menggencarkan penggunaan mobil listrik di Indonesia. Terbukti dengan meningkatnya penjualan mobil berbasis tenaga baterai ini, meskipun masih didominasi kendaraan bermesin bakar.

Hal ini merupakan indikasi banyaknya masyarakat Indonesia yang sudah mulai tertarik dengan kendaraan ramah lingkungan.

Walaupun, menurut Kukuh Kumara selaku Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kenaikannya belum terlalu signifikan.

"Saat ini kondisinya memang yang paling banyak adalah internal combustion engine atau kendaraan-kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar minyak," kata Kukuh pada Rabu (25/11/2020).

Berdasarkan data pasar otomotif Indonesia, penjualan mobil bermesin bakar mencapai 1.032.202 unit pada 2019 lalu.

Untuk mobil hybrid sebanyak 685 unit, plug-in hybrid 20 unit dan mobil listrik berbasis baterai 0 unit.

"Hybrid mulai diperkenalkan dan mulai ada penggemarnya, kemudian muncul baru lagi 2 tahun lalu ada Plug-in hybrid, dan terakhir ada battery electric vehicle atau BEV," imbuhnya.

Sedangkan sepanjang Januari-Oktober 2020, penjualan mobil listrik BEV di Indonesia mengalami peningkatan, menurut data yang dihimpun GAIKINDO tercatat terjual sebanyak 250 unit.

Dalam kurun waktu yang sama, penjualan mobil plug-in hybrid hanya terjual 6 unit, dan hybrid 785 unit. Mobil bermesin bakar/fosil pun masih mendominasi dengan menjual 420.048 unit.

Kukuh menambahkan, dengan munculnya berbagai kendaraan dengan terobosan teknologi modern yang ramah lingkungan, dituntut pula kesiapan infrastruktur sebagai pendukung.

Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan sudah menerbitkan sertifikat uji tipe (SUT) dan sertifikat registrasi uji tipe (SRUT) untuk banyak kendaraan listrik.

Sebanyak 100 unit mobil dan 1.959 motor listrik sudah mendapat SRUT, sehingga pengendara sudah bisa memiliki Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK). (lila)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo