mobilinanews

F1 2020 Sakhir: Grosjean Absen, Cucu Emerson Fittipaldi Jadi Pengganti

Senin, 30/11/2020 20:26 WIB
F1 2020 Sakhir: Grosjean Absen, Cucu Emerson Fittipaldi Jadi Pengganti
Romain Grosjean (inzet), selamat dari kecelakaan horor berkecepatan 225 km/jam. (Foto: rt)

mobilinanews (Bahrain) - Cidera Romain Grosjean terbilang ringan jika dibandingkan dengan kecelakaan parah yang ia alami di GP Bahrain.

Grosjaen selamat saja sudah terbilang ajaib karena mobil terbelah dan langsung terbakar hebat. Meski hanya luka bakar di tangan, Grosjean tak akan turun di GP Sakhir akhir pekan ini.

Pembalap tim Haas itu akan keluar rumah sakit pada Selasa (1/12/2020) esok, dengan cidera yang pastinya belum pulih 100%. Belum lagi tekanan mental yang masih tersisa akibat insiden yang nyaris merenggut nyawa itu.

Karena itu, tim memutuskannya tidak tampil pada GP Sakhir pada akhir pekan ini di sirkuit yang sama.

Pembalap penggantinya adalah Pietro Fittipaldi, driver Brasil yang merupakan cucu Emerson Fittipaldi - salah satu legenda balap F1 dan Indy500. 

Selama ini, Pietro adalah tester sekaligus pembalap cadangan tim Haas. Ini kesempatan debutnya di F1 setelah 2 tahun mengabdi di tim asal AS itu.

"Hal terbaik bagi Romain adalah melewatkan satu balapan. Ini juga kesempatan baik dan sudah lama ditunggu Pietro," kata Team Principal Haas, Guenther Steiner.

Meski merasa prihatin dengan musibah yang dialami Grosjean, Pietro tak menutupi rasa senangnya mendapat kesempatan perdana balapan resmi di kokpit mobil F1.

Ia berterima kasih kepada team owner Gene Haas maupun Steiner yang memberikan kepercayaan kepada dirinya.

"Jelas ini bukan situasi yang ideal buat saya tampil perdana di kompetisi F1. Tapi, kepercayaan untuk menempatkan saya di belakang kemudi pada akhir pekan ini sangat berharga," kata saudara kandung Enzo Fittipaldi yang juga pembalap. 

Belum jelas apakah Grosjean masih akan diistirahatkan pada seri terakhir F1 2020 di GP Abu Dhabi mendatang. Jika benar maka itu adalah kado perpisahan yang memprihatinkan karena akhir tahun ini ia putus kontrak dengan Haas.

Pembalap Prancis itu belum jelas akan berada di mana pada musim 2021.

Ia dan rekan setimnya saat ini, Kevin Magnuson, akan out dari Haas tahun depan dan digantikan dua rookie alumnus F2, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin. (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo