mobilinanews

F1 2020 Sakhir: Vandoorne Batal, Russell Yang Geber W11-nya Hamilton

Rabu, 02/12/2020 15:35 WIB
F1 2020 Sakhir: Vandoorne Batal, Russell Yang Geber W11-nya Hamilton
George Russell (kiri) bersama Lewis Hamilton. (Foto: ist)

mobilinanews (Bahrain) - Akhirnya tim Williams mengizinkan pembalapnya, George Russell, untuk gantikan Lewis Hamilton di GP Sakhir, Bahrain, pekan ini.

Saat Hamilton positif terpapar Covid-19, Mercedes punya dua kandidat pengganti. Stoffel Vandoorne, tester Mercedes yang tengaj berkompetisi di Formula E atau Russell sang pembalap binaan Mercedes yang tengah dititipkan dalam tim Williams. 

Tadinya Vandoorne yang dipilih dan karena itu disuruh langsung terbang dari Valencia (sedang tes Formula E) ke Bahrain. Russell disebut tak dapat izin dari tim Williams. Pembalap junior Mercedes ini memang jadi pembalap regular Williams yang mesinnya dipasok oleh Mercedes.

"Saya harus berterima kasih atas keterbukaan dan kolaborasi Williams yang melepas George," komentar Team Principal Mercedes Toto Wolff, yang dari bahasanya mengesankan sebelumnya memang ada penolakan dari tim Williams.

Menurut Wolff, proses transisi Russell tak akan terlalu berat karena selama ini ia gunakan mesin Mercedes di Williams. Ia juga sudah memahami karakter ban spek 2020.

"Selain itu kami punya pekerjaan khusus pekan ini buat Valtteri (Bottas) dan George untuk memaksimalkan perolehan poin secara tim," imbuh Wolff.

Apa yang disebut itu sekaligus jadi sebab pembatalan Vandoorne. Pembalap Belgia itu bisa terima alasan perubahan yang dilakukan Mercedes. Ia pun sempat berharap jadi pembalap pengganti Russell di Williams. 

Sayang, Williams juga punya rencana lain. Mereka lebih suka beri kesempatan kepada Jack Aitken, pembalap cadangan tim Williams. Ini jadi debutnya di F1.

Russell sendiri mengaku akan memetik banyak pelajaran di atas W11 yang terbukti paling mumpuni di tangan Hamilton.

"Tentu tak ada yang bisa gantikan Lewis. Saya hanya bisa janji berikan yang terbaik untuk mengisi ketidakhadirannya. Saya kenakan racing suit berbeda pekan ini tapi saya tetap seorang pembalap Williams," kata Russell. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo