mobilinanews

Dua Race Beruntun di Sirkuit Sama, Ini Beda GP Bahrain dan GP Sakhir

Kamis, 03/12/2020 20:28 WIB
Dua Race Beruntun di Sirkuit Sama, Ini Beda GP Bahrain dan GP Sakhir
Sisi luar Sirkuit Sakhir, lebih pendek dari lay out GP Bahrain pekan lalu. (Foto: graphicnews)

mobilinanews (Bahrain) - Musim ini F1 lakoni race beruntun  di Red Bull Ring Austria dan Silverstone Inggris. Semuanya gunakan lay out sirkuit yang sama. Beda dengan 2 race di Bahrain.

Pekan lalu dalam tajuk GP Bahrain, lay out sirkuit yang digunakan sesuai dengan tradisi selama ini. Beda dengan GP Sakhir di lokasi sama pada 4-6 Desember ini. Menggunakan lay out berbeda dengan hanya gunakan sisi luar lintasan. 

Itu memungkinkan karena trek Sakhir memang dibuat dengan beberapa varian lintasan. Beda dengan Red Bull Ring dan Silverstone yang tak bisa diutak-atik lagi.

Karena itu semua data yang pekan lalu dihimpun dan dianalisa para teknisi, kini tak ada gunanya. Sama sekali tak bisa jadi referensi.

Lay out baru ini hanya terdiri 11 tikungan, pekan lalu pakai 15 tikungan. Jarak per lap yang tadinya 5,4 km jadi tinggal 3,5 km. Jadi, jangan kaget jika dalam sesi kualifikasi nanti  best lap pembalap di bawah 1 menit. Di kisaran 55 atau 56 detik saja. Bandingkan dengan lap record 1:58,287 yang djbuat Fernando Alonso pada 2010 di atas Ferrari.

Kalau di GP Bahrain ada 3 zona DRS, kini hanya tersedia 2, masing-masing di trek lurus utama dan antara T3 ke T4. Beda lainnya kalau pekan lalu pembalap muter-muter 57 laps kini menjadi 87 laps.

Meski dalam jarak yang lebih pendek, trek baru ini menghidangkan 3 trek lurus yang dikombinasi dengan tikungan cepat dan lambat. Artinya, semua driver harus membangun setingan baru buat pacuan masing-masing.

Konsekuensi lain adalah traffic yang bakal padat saat race karena pendeknya lintasan. Di sisi lain beban kerja ban diperkirakan turun 20-30% dari pekan lalu karena tikungan yang memerlukan pengerema keras dihapus.

"Yang jelas sesi kualifikasi akan seru. Dan, siapa tahu lay out baru ini justru memunculkan kejutan penting pada raceday," komentar Sebastian Vettel (Ferrari).

Tanpa Lewis Hamilton yang tidak bisa mengaspal akibat Covid-19, menjadi tanda tanya siapa yang akan jadi pemenang. Bisa jadi itu yang dimaksud Vettel sebagai kejutan. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo