mobilinanews

Dorna Sports Ogah Bantu, Rep. Ceko Mundur Dari MotoGP!

Kamis, 10/12/2020 00:10 WIB
Dorna Sports Ogah Bantu, Rep. Ceko Mundur Dari MotoGP!
Sirkuit Brno di Rep. Ceko, hilang setelah 33 tahun gelar MotoGP. (Foto: ist)

mobilinanews (Rep.Ceko) -  GP Rep. Ceko di Sirkuit Brno hilang dari peredaran setelah rutin menghelat MotoGP sejak 1987. Tak lain karena masalah finansial.

Dorna Sport sebagai promotor MotoGP plus FIM sebagai regulator sebenarnya masih memberikan slot musim 2021. Syaratnya, trek kebanggaan Kota Brno itu harus diperbaiki dan diaspal ulang. 

Pengelola sirkuit langsung pusing dengan syarat itu. Pasalnya, butuh dana 4,6 juta USD atau sekitar Rp 64 miliar, sementara bantuan pemerintah tak bisa dinaikkan karena kas negara juga kacau akibat pandemi Covid-19.

Solusi alternatif adalah minta keringanan kepada Dorna agar promoter fee yang jadi beban tuan rumah penyelenggara bisa dikurangi dari angka 9 juta Euro atau sekitar Rp 150 miliar.

Wah, jauh lebih murah dari biaya Formula E di Jakarta yang disebut-sebut Rp 560 miliar!

Sayang, Dorna tak mau mengurangi tarif penyelenggaraan itu. Pokonya 9 juta Euro, titik!

Manajemen sirkuit serahkan masalah ke pemerintah lokal. Dan, akhirnya keluar keputusan.

"Para anggota dewan kota setuju bahwa MotoGP di Brno tak akan berlangsung pada 2021. Brno hanya akan menjadi tuan rumah pada 2022-2026 jika Dorna memotong biaya penyeleggaraan dan pemerintah Ceko meningkatkan partisipasi finansiansialnya," bunyi pernyataan tertulis pihak balai kota Brno. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo