mobilinanews

F1 2020 Abu Dhabi: Verstappen - Albon Melejit, Hamilton Salahkan Russell

Sabtu, 12/12/2020 18:48 WIB
F1 2020 Abu Dhabi: Verstappen - Albon Melejit, Hamilton Salahkan Russell
Max Verstappen (Red Bull) dengan komponen baru RB16 di Abu Dhabi. (Foto: grandprix247)

mobilinanews (UEA) - Berbagai part baru untuk 2021 diuji oleh Red Bull di GP Abu Dhabi.  Hasilnya oke banget, khususnya di FP3 yang baru saja usai.

Tak terduga, ternyata dua joki RB16 bisa finish tercepat 1-2 di sesi latihan terakhir ini. Max Verstappen P1 dengan catatan waktu 1:36,251. Di P2 rekan setimnya, Alex Albon, dengan gap setengah detik.

Posisi ini meski hanya latihan bisa dikatakan istimewa buat Red Bull di tengah dominasi Mercedes selama ini.

Anak Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas,  berada di urutan 6 dan 9.

Sebelumnya di FP1 Verstappen juga tercepat sementara Bottas dan Hamilton di urutan 2 dan 5. Sedangkan Albon dengan spek standar RB16 berada di urutan 4.

Hanya di FP2 Verstappen nyerah, urutan 3 di bawah Bottas dan Hamilton. Albon tetap di P4.

Ada hal menarik di sesi latihan ini. Verstappen yang memang temperamental dan suka bicara sesukanya, sempat kesal dan protes karena ia yang disuruh ngetes komponen baru RB16. Bukan Albon sebagai pembalap kedua.

"Pergi saja sana!" teriak Verstappen yang diduga arahnya kepada Albon yang kursinya tahun depan terancam tak bertahan.

Team Principal Red Bull Christian Horner berdalih Verstappen yang bertugas tak lain karena speed-nya yang lebih maksimal dari Albon. Karena itu data yang diinginkan para insinyur Red Bull lebih mudah didapat dan dianalisa.

Belum jelas apakah Albon juga membawa part baru di FP3. Tapi, apapun itu menjadi sinyal positif baginya memasuki 3 phase kualifikasi sebentar lagi.

Pasalnya, ini ujian terakhirnya sebelum divonis pergi atau bertahan dalam tim. Di seri terakhir ini Albon juga masih punya kesempatan menyalip Carlos Sainz dan Charles Leclerc di klasemen akhir 2020.

Hamilton yang tak sekalipun tercepat di sesi latihan, ternyata bukan karena alasan ia baru pulih dari Covid-19 dan masa karantina 10 hari di Bahrain.

Yang ia sebut sebagai kendalanya justru W11 besutannya yang pekan lalu dipakai George Russell di GP Sakhir dan langsung bikin heboh jagad F1.

"Sepertinya George bermain-main dengan mobil ini. Ini bukan seperti mobil saya saat ditinggal. Banyak yang berubah sehingga saya harus seting ulang," kata Hamilton.

Maka, dalam sekejap dalih itu pun direspons banyak kalimat negatif di Inggris. Pembalap Inggris itu seolah tak menghargai pembalap Inggris lainnya yang baru saja bikin bangga publik di negerinya. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo