mobilinanews

Bernie Ecclestone: "F1 Itu Bisnis Hiburan, Tak Harus Terkait Industri Mobil"

Kamis, 07/01/2021 01:05 WIB
Bernie Ecclestone: "F1 Itu Bisnis Hiburan, Tak Harus Terkait Industri Mobil"
Bernie Ecclestone, mantan penguasa F1 selama 40 tahun. (Foto: grandprix247)

mobilinanews (Swiss) - Mantan penguasa ajang balap Formula 1 Bernie Ecclestone ikut bersuara soal timpangnya kekuatan tim F1 saat ini, sekaligus membosankan penonton. Ia soroti kebijakan penggunaan mesin turbo-hybrid V6 sejak musim 2014. 

Sejak musim itu maka tim Mercedes langsung jadi penguasa tunggal F1 dengan raihan 7 gelar dunia pembalap dan konstruktor dalam 7 musim beruntun.

Pabrikan Jerman jelas mendapat keuntungan tersendiri dari mesin hybrid daripada pesaingnya macam Ferrari, Renault, dan Honda.

Ironisnya karakter mesin itu akan tetap dipakai F1 hingga musim 2026 sampai FIA mengeluarkan regulasi baru. 

Dasar perpindahan ke mesin hybrid pada 2014 lalu adalah bagian dari upaya menjadikan F1 lebih ramah lingkungan, sebuah isu yang memang sangat seksi saat itu.

Pada saat sama era hybrid juga dimaksudkan untuk transfer teknologinya ke mobil-mobil produksi massal.

Itu yang kini dikoreksi Ecclestone yang 40 tahun menagtur banyak aspek di F1.

"Yang pertama harus diingat adalah balap F1 itu bisnis hiburan. Ketika tak lagi menghibur maka Anda tak punya bisnis lagi," kata pria Inggris yang kini tinggal di Swiss itu.

Menurutnya apa yang terjadi saat ini sudah terbalik. Mengutamakan relevansi F1 dengan industri mobil dengan menomorduakan aspek hiburannya. F1 harus fokus terlebih dahulu pada aspek hiburannya, tanpa harus ada relevansinya dengan industri mobil.

Ia pun menganjurkan agar tinggalkan mesin hybrid dan kembali ke mesin-mesian lama, dengan suaranya yang bising dan menggelegar tapi justru itu yang mengasyikkan penonton. 

"Banyak yang punya mesin itu, biaya balapan pun langsung turun. Bisa dipakai lima tahun ke depan sembari memilah-milah mesin berikutnya. Sudah pasti akan banyak perubahan di dunia. Semua orang akan beralh ke mobil listrik dan pabrikan pasti menyesuaikan diri tanpa harus bergantung pada teknologi di F1."

Yang dikatakan Opa Ecclestone yang kini berumur 90 tahun itu benar adanya. Bahwa fans F1 memang lebih butuh hiburan dari lintasan balap F1, bukan kaitannya dengan industri pabrikan di dalamnya.

Hanya saja mungkin ia lupa ada di mana saat proposal hybrid itu dibahas sebelum memulai debutnya pada 2014.

Soalnya Ecclestone masih aktif dan berpengaruh pada masa itu. Ia baru lengser dan digantikan Chase Carey (Liberty Media) pada 2017.

Kenapa bukan kala itu ia bilang tidak untuk hybrid? (rnp)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo