mobilinanews

WRC 2021 Monte Carlo: Menang Sempurna, Monte Master Menuju Gelar Dunia Ke-8

Minggu, 24/01/2021 21:07 WIB
WRC 2021 Monte Carlo: Menang Sempurna, Monte Master Menuju Gelar Dunia Ke-8
Pasangan Sebastien Ogier - Julien Ingrassia usai memenangi Rally Monte Carlo 2021 dengan Toyota Yaris WRC. (Foto: wrc)

mobilinanews (Monaco) - Julukan Monte Master makin melekat kepada diri Sebastien Ogier. Pereli tim Toyota Gazoo Racing itu mengakhiri Rally Monte Carlo, Minggu (24-1-2021) dengan kemenangan.

Ini kemenangan ke-8-nya di ajang reli sulit dan berbahaya itu. Satu lagi rekor ia koleksi.

Itu kemenangan sempurna dengan poin maksimal 25+5. Menjadikannya pemimpin sementara kejuaraan dunia WRC 2021 dengan total poin 30.

Ia mendapat bonus 5 poin karena tampil tercepat di SS5, SS terakhir yang menjadi Power Stage dan disiarkan langsung televisi. Langsung unggul telak, 9 angka, dari rekan satu timnya Toyota Elfyn Evans di tempat kedua dengan 21 poin - 3 angka dari Power Stage.

Pengalaman dan ketenangan Master Monte di dalam kokpit Toyota Yaris WRC membedakannya dari yang lain.

Terpuruk di 2 SS awal yang dimenangi Ott tanak (Hyundai i20 Coupe WRC), pemilik 7 gelar dunia WRC ini on fire sejak SS3. Ia memenangi 8 dari 12 sisa SS. Pada akhirnya ia unggul telak 32,6 detik  atas Evans.

Tempat ketiga yang dihuni driver Hyundai Thierry Neuville malah ia tinggal dengan gap 1 menit 13,5 detik.

"Selalu tak mudah menjuarai Monte. Kondisi lintasan yang berubah-ubah membuat saya harus percaya sepenuhnya pada informasi terkini tim pemantau," ucap Ogier.

Kemenangan ini menjadi titik awal Ogier menuju gelar dunia WRC untuk ke-8 kalinya. Sebelumnya ia mencetak gelar beruntun pada 2013 sampai 2018, dan gelar terbaru pada 2020 lalu. Gelar ke-8 adalah targetnya sebelum pensiun pada akhir musim nanti.

"Mobil ini benar-benar luar biasa. Keputusan menambah satu musim kompetisi lagi ternyata tidak salah," lanjut Ogier yang sebelumnya berencana pensiun di akhir musim 2020, namun menundanya hingga akhir musim ini.

Selain Ogier dan Evans, penampilan apik joki Toyota lainnya ditorehkan pereli muda Finlandia, Kalle Rovanpera. Ia duduki posisi 4 klasemen sementara dengan 16 poin, hanya selisih 1 angka dari Neuville di urutan 3. Sementara driver Hyundai lainnya, Dani Sordo, berada di urutan 5 dengan poin sementara 11.

Seri kedua WRC 2021 akan berlangsung di Arctic Rally, Finlandia, bulan depan sebagai pengganti rally Swedia yang batal karena pandemi Covid-19.

Seperti halnya Swedia, Arctic Rally juga berlangsung di atas lintasan salju. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo