mobilinanews

F1 2021: Kewajiban Karantina Merusak Persiapan Haas dan AlphaTauri

Jum'at, 12/02/2021 05:50 WIB
F1 2021: Kewajiban Karantina Merusak Persiapan Haas dan AlphaTauri
Tim Haas F1, terkendala pemasangan mesin Ferrari akibat aturan karantina di Inggris. (Foto: formula1)

mobilinanews (Inggris) - Dua tim F1, Haas dan AlphaTauri, terpaksa pasrah saja tanpa persiapan memadai memasuki musim kompetisi tahun ini di Bahrain bulan depan. Keduanya terganjal aturan karantina tekait wabah Covid-19 di Inggris.

Seperti diberitakan sebelumnya, Haas tak bisa membangun utuh mobil barunya karena tak ada teknisi yang memasang mesin. Karena tak ada perubahan regulasi signifikan dari tahun lalu maka kali ini Haas membangun seluruh unitnya di pabrik mereka, Banbury, Inggris.

Mesin yang dipasok Ferrari juga sudah berada di pabrik berikut semua suku cadang dari tahun lalu.

Sialnya, mesin itu hanya bisa dipasag oleh kru Ferrari yang didatangkan dari Italia. Masalahnya, mereka ini harus masuk karantina 14 hari sesampainya di Inggris dan kembali ke Italia nantinya juga harus jalani karantina. Sebuah persyaratan yang sangat tak efektif.

"Akhirnya mobil akan dirakit di Inggris tapi pemasangan mesin dilakukan di Bahrain jelang tes pra musim," kata bos Haas Guenther Steiner.

Persoalan serupa dihadapi sejumlah kru Honda di tim AlphaTauri. Tim lapis kedua Red Bull itu bermarkas di Faenza, Italia. Harusnya pada pertengahan bulan ini, para teknisi Honda membawa sejumlah komponen mobil untuk diuji pada markas tim Red Bull di Milton Keynes, Inggris. Termasuk pemanfaaatan wind tunnel yang adanya di markas Red Bull.

Masalahnya adalah kewajiban karantina yang berlaku di Inggris dan Italia. Kalau sebelumnya kru AlphaTauri bisa bebas bolak-bolak Italia-Inggris, kini sama sekali tak leluasa.

Para pelintas kedua negara ini wajib lakukan karantina dua minggu yang pastinya sulit dijalankan.

Akibatnya ada sejumlah kru Honda asal Jepang yang harusnya ke Inggris jadi tertahan di Italia. Sebaliknya yang ada di Inggris tak bisa ke Italia sebagaimana jadwalnya.

Kalu Haas sudah temukan jalan keluarnya, maka AlphaTauri kini belum temukan cara agar bisa bersiap diri ke Bahrain dengan maksimal. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo