mobilinanews

WRC 2021: Pereli Muda Toyota Ini Songsong Kemenangan Perdana di Rally Arctic

Sabtu, 13/02/2021 23:10 WIB
WRC 2021: Pereli Muda Toyota Ini Songsong Kemenangan Perdana di Rally Arctic
Kalle Rovanpera, 20 tahun, pereli masa depan Finlandia dan Toyota di WRC. (Foto: autosport)

mobilinanews (Finlandia) - Kalle Rovanpera, 20 tahun, sudah dua musim ini gabung dalam tim pabrikan Toyota di ajang reli dunia WRC, Toyota Gazoo Racing. Muda, punya skill dan nyali, dirancang sebagai pereli Toyota masa depan. Maka wajar kalau ia berambisi juara pada Rally Arctic akhir bulan ini.

Putaran kedua serial reli dunia 2021, Rally Arctic, berlangsung di Finlandia, negeri asal Rovanpera. Seperti para pereli Finlandia lainnya, Arctic Rally adalah kawah candradimuka buat Rovanpera untuk mengasah skill sebelum tarung di level dunia.

Kebetulan reli nasional Finlandia itu tahun ini masuk serial WRC untuk gantikan Swedia yang batal karena Covid-19. 

Ini seperti peluang besar yang menghampiri putra Harri Rovanpera, pereli senior Finlandia, itu. Pasalnya tahun lalu saat umur 19 tahun ia menjadi juara di Arctic Lapland Rally dengan gap 3,5 menit dari lawan terdekatnya. 

Sukses itu plus finish P4 di seri Monte Carlo lalu membuat Rovanpera layak menjadi salah satu penantang merebut gelar juara di lintasan salju dengan suhu bisa mencapai minus 20 derjat celcius itu. Apalagi ini kali pertama Arctic masuk seri dunia dan menjadi ajang perdana bagi sebagian besar kontestan WRC tahun ini.

"Kemenangan tahun lalu tidak berarti apa-apa bagi pereli WRC tahun ini. Tapi, bagi saya, itu hal sangat penting. Ini mungkin kesempatan saya meraih kemenangan perdana di level WRC," kata rekan satu tim Sebastien Ogier dan Elfyn Evans di Toyota Gazoo Racing itu.

Membesut Yaris WRC, Rovanpera dipasang Toyota sejak tahun lalu di skuad WRC bukanlah untuk pertarungan di level perebutan gelar. Ia hanya perlu menambah jam terbang agar siap menjadi pereli unggulan pada satu atau dua tahun ke depan.

Pemimpin baru tim Toyota, Jari-Matta Latvala (menggantikan Tommi Makinen yang kini jadi konsultan di Toyota Motorsport), sudah lama mengamati bakat Rovanpera. Rovanpera adalah generasi baru yang diharapkan menaikkan kembali pamor Finlandia di level atas WRC.

"Saya percaya ia hanya perlu menunggu kesempatan meraihkemenangan pertamanya di WRC," ucap Latvala, mantan pereli papan atas Finlandia yang juga anggota skuad Toyota Gazoo Racing WRT pada tahun 2017 hingga 2019.

Apakah itu di Arctic Rally, 26-28 Februari nanti? (rnp)

 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo