mobilinanews

F1 2021: Ini Jadwal Launching dan Testing Tim F1

Minggu, 14/02/2021 04:40 WIB
F1 2021: Ini Jadwal Launching dan Testing Tim F1
GP Bahrain 2020 kini menjadi ajang testing dn seri pembuka musim 2021. (Foto: hondaf1)

mobilinanews (Inggris) - Hanya beberapa minggu lagi 10 tim dengan 20 driver memasuki musim kompetisi 2021. Musim dengan rekor baru 23 putaran race yang entah bisa terlaksana penuh atau tidak di tengah pendemi Covid-19.

Bisa atau tidak yang jelas semua tim sudah sibuk sejak bulan ini hingga awal Maret mendatang. Masing-msing akan lakoni tradisi team launching untuk perkenalkan line up pembalap dan livery besutan masing-masing. Kapan dan bagaimana ini daftarnya:

MERCEDES

Sang juara bertahan akan perkenalkan diri pada 2 Maret. Target tentunya meraih 8 juara dunia konstruktor secara berturut sejak 2014. Juga kesempatan  Lewis Hamilton meraih elar ke-8 untuk membuat rekor baru di F1. Mercedes akan meluncurkan mobil 2021 dengan kode W12.

RED BULL RACING

Tim Austria yang bermarkas di Inggris ini belum mengumumkan tangal launching-nya bersama duet joki baru Max Verstappen dan Sergio Perez. Besutan tahun ini dinamai RB16B. Ada embel-embel B karena struktur dan jeroan mobil merupakan kelanjutan dari versi RB16, dengan kisaran 60%  materialnya sama dengan sebelumnya.

McLAREN

Berganti pasokan mesin dari Renault ke Mercedes, tim yang bermarkas di Woking, Inggris, ini akan luncurkan MCL35M pada 15 Februari malam dari Pusat Teknologi McLaren secara virtual, sama dengan tim lainnya untuk hindari kerumunan terkait Covid-19. McLaren tampil dengan driver anyar Daniel Ricciardo.

ASTON MARTIN

Tim kelanjutan dari Racing Point ini akan bawa livery hijau ke grid F1 tahun ini, sekaligus mengakhiri livery ungu yang selama ini melekat dengan Racing Point. Diperkuat juara dunia 4 kali Sebastian Vettel bersama driver muda Lance Stroll yang tak lain adalah putra Lawrence Stroll sang pemilik Aston Martin. Tim berencana menggelar launching pada Maret tapi belum menentukan tanggal.

ALPINE

Tim pabrikan Renault ini berubah nama jadi Alpine, brand Renault untuk mobil-mobil sport, dan memunculkan kembali Fernando Alonso (juara dunia 2005-2006) setelah dua tahun balapa lain di luar F1 termasuk Rally Dakar 2020. Corak baru besutan berkode A521 direncanakan meluncur pada bulan ini, hanya saja belum menentukan tanggal yang cocok.

FERRARI

Tim Italia ini sedikit mengubah tradisi launching-nya setelah menyalakn mesin SF21 kali pertama pada Jumat kemarin di Maranello. Musim ini melakukan dua acara. Pertama pada 26 Februari denganmenampilkan Charles Leclerc. Menyusul pada 10 Maret dengan memperkenalkan driver baru Carlos Sain Jr, pindahan dari McLaren.

ALPHATAURI

Tim pelapis Red Bull ini me-launching AT 02 pada 19 Februari dengan duet Pierre Gasly dan driver muda Jepang Yuki Tsunoda. Mobil bermesin Honda tersebut akan menggelinding kali pertama pada 23-25 Februari di Sirkuit Imola untuk kebutuhan syuting film dokumenter.

ALFA ROMEO

Tim Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi ini memilih Warsawa, Polandia, sebagai ajang acara launching C41 pada 22 Februari. Warsawa dipilih karena markas sponsor utama tim, Orlen, berada di kota itu.

HAAS

Tim ini membetot banyak perhatian dengan line up dua pembalap rookie, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin. Yang satu karena nama besar Michale Schumacher dan satunya lagi karena berbagai prilaku kontroversial. Belum ada rencan launching tim. Pasalnya, mobil Haas harus dirakit jelang testing di Bahrain karena belum dipasangi msin di Inggris. Teknisi Ferrari tak bisa dtang karena harus jalanikarantina 14 hari begitu masuk Inggris.

WILLIAMS

FW43B di-launching pada 5 Maret. Ini kali pertama tim besutan Sir Frank Williams itu masuk F1 tanpa keluarga Williams di manajemen tim. Itu setelah tim dibeli grup Dorilton pada musim 2020 dan menetapkan manajemen baru.

Usai launching semua tim menuju Bahrain melakoni tes pra musim pada 12-14 Maret dan dilanjutkan dengan seri pembuka kompetisi GP Bahrain pada 26-28 Maret 2021.

Untuk menghemat biaya karena serangan pandemi Covid-19, tes musim ini dibatasi hanya 3 hari. Karena itu tes awal di barcelona dibatalkan. Tes di Bahrain pun rada unik, yaitu setiap tim hanya boleh luncurkan satu mobil di lintasan. Dipakai berdua pembalap dengan jatah masing-masing satu setenagh hari. (rnp)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo